Dewa Kipas Kalah Telak, GothamChess Bicara Kebenaran

Dewa Kipas Kalah Telak, GothamChess Bicara Kebenaran

Tim - detikInet
Selasa, 23 Mar 2021 06:10 WIB
Dadang Subur Alias Dewa_Kipas Jago Catur Chess.com mengalahkan master catur GothamChess
Dewa Kipas Vs GothamChess. Foto: (detikcom)
Jakarta -

Dewa Kipas kalah telak 0-3 dalam laga catur persahabatan melawan Irene Kharisma Iskandar. GothamChess pun melontarkan komentar di Twitter mengenai pertandingan itu.

Tanding catur ini ditayangkan secara langsung di channel Youtube Deddy Corbuzier. Atas kemenangannya, Irene berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai 200 juta rupiah. Sedangkan untuk Dadang atau Dewa Kipas, walaupun kalah tetap mendapat 100 juta rupiah.

"Jadi Irene Sukandar telah mengalahkan Dewa Kipas 3-0. Akurasinya (Dewa Kipas) kurang dari 40% di game tersebut. Lebih dari sejuta orang menonton pertandingannya," kicau GothamChess atau Levy Rozman, lawan tanding Dewa Kipas di Chess.com.

"Bagusnya, catur bisa menjadi populer. Orang yang bermain tidak fair akan ketahuan. Buruknya, dia memenangkan USD 7.000 dan disebut pemberani dan tidak akan mengakui kebenaran," tambah GothamChess.

Dewa Kipas memang dituding curang oleh GothamChess hingga kemudian ditutup akunnya oleh Chess.com. Itu setelah ditemukan anomali pada statistik Dewa Kipas. Grafik permainannya tidak naik turun seperti pemain lain, melainkan selalu di puncak dengan akurasi konsisten di atas 90%.

Tweet GothamChessTweet GothamChess. Foto: Twitter

Perilaku mirip bot ini menjadi alasan Dewa Kipas dituduh curang, tidak hanya oleh GothamChess tapi oleh mereka yang paham catur maupun pakar teknologi. Dewa Kipas membantah curang, anaknya mengatakan ayahnya biasa berlatih dengan bot. Padahal, meniru bot juga dianggap melanggar aturan fair play versi Chess.com.

Beberapa komentar pun membalas cuitan Levy. "Dia mendapat USD 7000 padahal curang pada kamu. Dan juga kesempatan bermain sama Irene. Pemain rendahan sepertiku hanya bisa mengimpikan hal itu," tulis seorang netizen. "Akurasiku lebih baik dari dia," sebut yang lain.

"Saya tidak menemukan alasan dia curang, dia cuma pria tua yang menikmati permainan catur," bela komentar berikutnya. "Apa kau lihat pertandingannya? Jika Dadang lebih baik dari Levy, dia tidak akan melakukan blunder simpel seperti itu," jawab yang lain.

Di tweet berikutnya, GothamChess memutuskan membuka lagi akun YouTube-nya bagi pemirsa Indonesia. "Dear Indonesia, ini adalah perjalanan menyenangkan, namun akan berakhir. Kalian bisa percaya pada kebenaran atau sembunyi darinya," tulisnya.

"Saya akan buka lagi channel YouTube segera. Bebas saja menikmati video saya sehingga kalian bisa mengalahkan teman di catur. Peace and love," tambah GothamChess.

Di tweet berikutnya, ia memajang meme yang menampakkan dirinya melihat bengong sementara Irene dan Dadang mendapatkan banyak uang. Kemudian GothamChess menyinggung pecatur nomor satu dunia saat ini, Magnus Carlsen. "Hey MagnusCarlsen, seberapa banyak uang untukmu untuk main lawan Dewa Kipas?" tanya GothamChess.



Simak Video "Dewa Kipas Kalah, GothamChess Buka Akses YouTube bagi Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)