Viral TikTok Tom Cruise Versi Deepfake Bikin Geger

Viral TikTok Tom Cruise Versi Deepfake Bikin Geger

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 08 Mar 2021 13:12 WIB
Video deepfake mirip Tom Cruise bikin geger TikTok
Tom Cruise Versi Deepfake Bikin Geger TikTok (Foto: Chris Ume)
Jakarta -

Belakangan ini TikTok diramaikan dengan video yang memperlihatkan aktor Tom Cruise sedang melakukan trik sulap atau bermain golf. Tapi itu bukan Tom Cruise asli yang baru bergabung ke TikTok, melainkan video hasil deepfake.

Video-video ini merupakan ciptaan Chris Ume, seorang ahli efek visual dari Belgia. Bersama aktor Miles Fisher, ia membuat video menggunakan teknologi deepfake yang membuat wajah dan ekspresi Fisher menjadi sangat mirip seperti Cruise.

Ume mengatakan ia membuat video seperti ini hanya untuk bersenang-senang dan tidak ingin mengecoh orang. Ume mengunggah video-video ini di akun TikTok @deeptomcruise yang saat ini memiliki lebih dari 500 ribu followers, seperti dikutip dari Cnet, Senin (8/3/2021).

Jika dilihat sekilas, kualitas video deepfake ini cukup mengesankan. Tapi jika dilihat lebih seksama masih terlihat beberapa glitch, seperti saat kacamata yang dipegang Fisher sempat menghilang selama beberapa frame di video berikut.

@deeptomcruise

Sports!

♬ original sound - Tom

Meski tidak semulus video deepfake lainnya, banyak pengguna internet yang terbelah melihat video ini. Ada yang kagum karena deepfake bisa menghadirkan Tom Cruise palsu yang cukup akurat, tapi ada juga yang khawatir teknologi ini disalahgunakan.

"Ini bisa menyebabkan bentrokan dan kerusuhan jika masyarakat tidak dididik tentang hal ini. Video palsu seorang pemimpin agama A berbicara omong kosong tentang pemimpin agama B," kata seorang netizen di Twitter.

Setelah membuat jagad internet geger, Ume menegaskan bahwa tujuannya membuat video ini adalah alasan kreatif. Ia juga mengatakan proses pembuatan video ini tidak mudah dan kemungkinan tidak akan bisa dilakukan orang kebanyakan.

Ume mengatakan ia menghabiskan waktu dua bulan untuk melatih model kecerdasan buatan dengan cuplikan video Cruise, menghabiskan beberapa hari untuk merekam video dan proses edit yang memakan waktu 24 jam untuk masing-masing video.

"Banyak yang dilakukan untuk menciptakan hal-hal ini. Saya adalah ahli deepfake, dan saya adalah seniman efek visual," kata Ume.

"Ini tidak seperti kalian duduk di rumah dan cukup menekan tombol dan kalian bisa menciptakan hal yang sama sepert yang kami lakukan," imbuhnya.



Simak Video "Tom Cruise Berbincang dengan Kru SpaceX dari Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)