Upaya Shopee Dukung UMKM Lokal Sampai Tembus Pasar Ekspor

Upaya Shopee Dukung UMKM Lokal Sampai Tembus Pasar Ekspor

Yudistira Imandiar - detikInet
Jumat, 05 Mar 2021 22:20 WIB
Shopee
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Presiden Joko Widodo mengeluarkan pernyataan keras yang menyerukan masyarakat Indonesia untuk mencintai produk lokal dan membenci produk asing. Pernyataan tersebut terkait maraknya penjualan produk lintas negara di platform e-commerce disertai dengan persaingan harga yang tak kompetitif.

"Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Produk-produk dalam negeri gaungkan! Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri," ungkap Jokowi saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021 yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021).

Sementara itu Menteri Perdagangan RI Muhammad Luthfi, Jokowi menyayangkan adanya praktik persaingan harga yang tak sehat di e-commerce. Para penjual luar negeri dianggap melakukan predatory pricing, yakni menjual produk dengan harga yang jauh lebih rendah dari produk lokal.

"Perlu diluruskan ada background yang menyertai pernyataan Pak Presiden. Laporan saya ke beliau tentang laporan praktik yang tak sesuai di perdagangan e-commerce. Praktik e-commerce yang mendunia, yang praktik ilegal perdagangan predatory pricing, jadi harga yang membunuh kompetisi," ungkap M. Luthfi dalam konferensi pers virtual, Kamis (4/3).

Menanggapi polemik tersebut, Shopee sebagai salah satu pelaku e-commerce di Indonesia menegaskan dukungannya terhadap UMKM. Executive Director Shopee Indonesia Handika Jahja menyampaikan UMKM lokal merupakan penopang utama bisnis Shopee di Indonesia, oleh sebab itu Shopee menjalankan berbagai program yang menyokong upaya pengembangan UMKM.

"Shopee selalu bekerja sama erat dengan pemerintah dalam upaya kami mengembangkanUMKM, dengan mengikuti peraturan yang berlaku.Shopee selalu bekerja sama denganidEA (Asosiasi E-commerce Indonesia) untuk memberi tanggapan satu suara dari seluruh pelaku industri perihal kebijakan baru," ujarHandhika.

Shopee, lanjut Handhika, membantu penguatan UMKM melalui berbagai program dan inovasi yang dijalankan. Upaya tersebut dilakukan agar UMKM Indonesia bisa melebarkan pangsa pasar sekaligus mengakselerasi aktivitas bisnisnya.

"Di sisi lain, secara berkelanjutan, Shopee akan terus menjalankan rangkaian program dan inovasi untuk menguatkan para pelaku UMKM, antara lain rangkaian program edukasi, pelatihan, dan pendampingan bersama beberapa kementerian dan lembaga pemerintah melalui program Kampus Shopee. Kami juga akan terus mendorong ekspor pelaku UMKM, di mana kami sebelumnya telah berhasil mencatatkan peningkatan transaksi ekspor harian hingga 6 kali lipat dalam kurun waktu setengah tahun (Juni 2020 - Januari 2021)," imbuh Handhika.



Simak Video "Jokowi Minta Brand Asing di Mal Digeser dari Lokasi Strategis, Ganti Produk Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)