Logo Baru Amazon Disebut Mirip Kumis Hitler

Logo Baru Amazon Disebut Mirip Kumis Hitler

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 04 Mar 2021 07:32 WIB
Jakarta -

Amazon melakukan rebranding dengan mengganti desain logonya. Namun raksasa e-commerce ini malah bikin heboh karena banyak berkomentar logo barunya menyerupai kumis tokoh partai Nazi Jerman Adolf Hitler.

Bulan lalu, perusahaan milik orang terkaya dunia Jeff Bezos ini merilis update untuk aplikasi belanjanya, lengkap dengan logo baru. Amazon menanggalkan desain lama dengan keranjang belanja, menambahkan panah yang terlihat seperti garis senyuman, dan mengganti selotip biru pada kotak paket dengan desain bergerigi.

Diposisikan di atas panah yang seperti senyuman, selotip biru inilah yang disebut seperti kumis diktator Jerman Adolf Hitler. Sejumlah pengguna Twitter mencuit tentang hal ini dan ramai membahasnya.




Menanggapi hal ini, juru bicara Amazon Craig Andrews tidak secara langsung membahas klaim logo baru mereka dengan kumis Hitler. Andrews hanya menjelaskan secara umum bahwa logo baru ini dimaksudkan untuk rebranding.

"Kami merancang ikon baru untuk memicu kegembiraan ketika pelanggan memulai perjalanan belanja mereka di ponsel mereka, seperti yang mereka lakukan ketika mereka melihat kotak dari kami tiba di depan pintu mereka," ujarnya.

Sementara itu, Jason Forrest Creative Director di firma desain grafis Digital Ink menyebutkan, media sosial telah mempermudah orang mengkritik dan mempertimbangkan citra sebuah merek perusahaan.

Menurutnya, dalam beberapa hal, umpan balik dari publik seperti ini, sebenarnya dapat membantu proses desain kreatif. "Saya pikir demikian, internet lebih sensitif pada hal-hal seperti ini,"komentarnya.

(rns/afr)