Nasib Malang 'Jack Ma' Kecil yang Dulu Viral

Nasib Malang 'Jack Ma' Kecil yang Dulu Viral

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 16 Feb 2021 16:23 WIB
Jack Ma mini
Foto Jack Ma Mini yang viral. Foto: istimewa
Jakarta -

Karena kemiripannya dengan Jack Ma, bocah ini menjadi viral. Bahkan baru-baru ini, kembali ada postingan di Facebook bahwa dia benar-benar Jack Ma saat kecil walau kenyataannya tidak demikian. Sempat bersinar, nasib terkininya dilaporkan kurang baik seiring dia tumbuh dewasa.

Nama bocah itu Fan Xiaoqin. November 2016, China Daily meliput berita dengan foto tersebut. Ia jadi populer lantaran mirip Jack Ma dan kabarnya mendapat bantuan dari sang taipan.

"Jack Ma mini tinggal di Yongfeng County, Provinsi Jiangxi. Kondisi keluarganya kurang beruntung, ibunya sakit, ayahnya kehilangan kaki, neneknya kena Alzheimer," tulis China Daily.

"Jack Ma mini jadi tenar setelah orang sedesanya memposting videonya online di 2015. Internet meledak membahas betapa miripnya dia dengan Jack Ma," tambah media berbahasa Inggris itu. Jadi sudah jelas, dia bukan Jack Ma.

Media mancanegara termasuk Strait Times, The Hindu sampai BBC juga memberitakannya. Hanya saja dalam laporan BBC, ada bantahan dari Alibaba bahwa Jack Ma memberi bantuan pada anak tersebut. Kini setelah beberapa tahun berlalu, nasib sang anak dikabarkan kurang baik.

Pada saat viral, Fang sempat dikontrak oleh agensi karena banyak yang ingin berfoto bersamanya ataupun kegiatan lain. Namun seperti dikutip detikINET dari Sohu, Selasa (16/2/2021) Fang diketahui telah kembali ke kampungnya dan tidak mendapatkan kontrak lagi. Ia dan keluarganya kembali hidup kekurangan.

Jack Ma kecilJack Ma kecil saat ini (kiri) dan saat dia tenar (kanan). Foto: Sohu

"Enam tahun telah berlalu. Anak berusia 14 tahun ini hampir sama dengan sebelumnya. Dia tampaknya tidak memiliki perkembangan yang normal. Bahkan ayahnya mengatakan bahwa dia sangat pendek," sebut Sohu.

Ia juga semakin tidak mirip Jack Ma sehingga popularitasnya tak seperti dulu. Dalam video yang beredar di media sosial, diperlihatkan pula ia kesulitan menghitung walaupun soalnya hanya dua tambah dua.

Menurut Sohu, banyak orang mengungkapkan kesedihan mereka atas situasi yang dialami Jack Ma mini saat ini termasuk di media sosial. Ada juga harapan bahwa Jack Ma atau Alibaba bisa memberikan bantuan padanya dan keluarganya.



Simak Video "Jack Ma yang Kalem di Kemunculan Perdananya Usai Menghilang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)