Elon Musk Tawarkan Beli Dogecoin dari Penimbun

Elon Musk Tawarkan Beli Dogecoin dari Penimbun

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 16 Feb 2021 15:12 WIB
Dogecoin
Elon Musk Tawarkan Beli Dogecoin dari Penimbun. Foto: The Independent
Jakarta -

Elon Musk mengatakan ingin membeli Dogecoin dari para pemegang utama untuk membantu membuat cryptocurrency alias mata uang kripto tersebut menjadi mata uang internet.

CEO SpaceX dan Tesla ini sebelumnya membuat popularitas Dogecoin melesat dengan sederet tweet yang dipostingnya. Dia bahkan menyebutkan Dogecoin bisa jadi mata uang resmi di Mars.

Dikutip dari Independent, Selasa (16/2/2021) Musk juga memposting beberapa tweet yang mengkritik para penimbun stok Dogecoin yang disebutnya sebagai crypto whales. Menurutnya, pemegang besar ini satu-satunya hal yang menghalangi Dogecoin menjadi mata uang utama.

"Jika pemegang Dogecoin utama menjual sebagian besar koin mereka, mereka akan mendapatkan dukungan penuh saya. Saya benar-benar akan membayar dalam bentuk dolar jika mereka membatalkan akun mereka," cuitnya.



Berdasarkan analisis terhadap pasar dompet digital, satu pemegang memiliki lebih dari seperempat dari 128 miliar token Dogecoin (DOGE) yang beredar. Tercatat ada saldo lebih dari 36 miliar Dogecoin bernilai lebih dari USD 2 miliar dengan harga hari ini.

Sebanyak 19 dompet digital lainnya menyimpan 25% sisanya dari semua Dogecoin. Artinya hanya 20 orang yang memiliki lebih dari setengah dari semua Dogecoin yang ada, dengan asumsi dompet tersebut dimiliki oleh individu berbeda.

Menanggapi cuitan Musk, seorang pendukung Dogecoin menyebutkan para crypto whales alias penimbun sebaiknya mempertimbangkan ultimatum dari Musk. Jika mereka patuh dan menerima tawaran ini, Dogecoin bisa menjadi mata uang internet.

"Jika tidak, atau mereka berlaku curang dengan mendistribusikan koin mereka ke beberapa dompet, maka dukungan Musk akan hilang. Ini sebenarnya keputusan mudah bagi para penimbun. Saya harap mereka melakukan hal yang benar," kata salah satu netizen.

Lonjakan harga Dogecoin baru-baru ini telah membuat nilainya naik dari kurang dari USD 0,01 pada awal tahun ke puncaknya lebih dari USD 0,08 minggu lalu, namun sejak itu turun kembali menjadi sekitar USD 0,06. Tetapi Dogecoin tetap menjadi cryptocurrency paling berharga ke-13 di dunia, dengan kapitalisasi pasar mendekati USD 8 miliar.

Kenaikan harganya sebagian karena dipicu oleh komentar dan meme yang dibagikan oleh Musk, yang minatnya pada cryptocurrency baru-baru ini diilustrasikan oleh investasi sebesar USD 1,5 miliar Tesla dalam bentuk cryptocurrency.



Simak Video "Elon Musk dengan Kontroversi Bitcoin-Dogecoin di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)