Epic Games Rilis Aplikasi yang Bisa 'Ciptakan Manusia'

Epic Games Rilis Aplikasi yang Bisa 'Ciptakan Manusia'

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 16 Feb 2021 14:18 WIB
epic games
Foto: Epic Games
Jakarta -

Epic Games meluncurkan teknologi baru yang memungkinkan siapa pun bisa menciptakan foto manusia realistis sesuai yang diinginkan, lewat aplikasi bernama MetaHuman Creator.

Aplikasi ini adalah produk penelitian dan hasil pengembangan bertahun-tahun oleh pencipta game Unreal Engine dan Fortnite. MetaHuman Creator yang berbasis cloud ini memudahkan pengguna merancang model 3D manusia dan mendownloadnya, serta menggunakannya dalam berbagai aplikasi dan program.

"Aplikasi ini bekerja dengan menggambar dari referensi berbagai varian penampilan dan gerakan manusia yang terus berkembang, dan memungkinkan kita membuat karakter baru yang tampak realistis sesuai yang diinginkan," kata Epic Games seperti dikutip dari Motherboard, Selasa (16/2/2021).

"Saat pengguna membuat penyesuaian, MetaHuman Creator memadukan contoh-contoh aktual dari referensi dengan cara yang masuk akal dan dibatasi data. Anda dapat memilih titik awal dengan memilih sejumlah wajah manusia dari beragam rentang di database," jelas Epic Games.

Pengguna bisa memilih 30 gaya rambut dan 18 tipe tubuh berbeda. Lalu manusia hasil 'ciptaan' kita ini bisa didownload melalui Quixel Bridge untuk dijadikan animasi dan ditambahkan motion capture di Unreal Engine.

MetaHuman Creator adalah pengembangan dari teknologi serupa yang diperkenalkannya di 2018. Saat itu Epic Games memamerkan teknologi 'Synthetic Human' yang disebut Siren di Game Developers Conference yang berlangsung di San Francisco, AS.

Ini adalah teknologi yang mengesankan, tetapi seperti semua teknologi, akan ada konsekuensi yang tidak terduga. Teknologi seperti ini mendemokrasikan kreasi wajah manusia digital yang sangat realistis dan bisa memangkas waktu produksi beberapa video game dan film dalam jumlah besar. Selain itu, seperti semua kemajuan teknologi lainnya, ini juga bisa disalahgunakan untuk kejahatan pornografi.

[Gambas:Youtube]



(rns/fay)