Bill Gates: Bioterorisme dan Perubahan Iklim, Ancaman Lain Pascapandemi

Bill Gates: Bioterorisme dan Perubahan Iklim, Ancaman Lain Pascapandemi

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 12 Feb 2021 14:02 WIB
Bill Gates
Bill Gates: Bioterorisme dan Perubahan Iklim, Ancaman Lain Pascapandemi. Foto: Reuters
Jakarta -

Bertahun-tahun sebelumnya, Bill Gates sudah memperingatkan bahwa pandemi mematikan dapat terjadi. Kini, dia kembali menyerukan akan adanya ancaman selanjutnya setelah pandemi, yaitu bioterorisme dan perubahan iklim.

Bioterorisme atau serangan biologi, adalah tindakan pelepasan virus, bakteri atau agen biologi lainnya secara sengaja yang dapat membuat korbannya, baik manusia, hewan atau tanaman, menjadi sakit bahkan mati.

Sedangkan perubahan iklim adalah perubahan pola dan intensitas unsur iklim dalam periode waktu yang sangat lama. Perubahan iklim berdampak pada naiknya suhu muka Bumi, perubahan musim tanam, perubahan curah hujan dan musim kering, semakin banyak kekeringan dan gelombang panas, es kutub mencair, kenaikan muka air laut, dan berbagai kerusakan alam lainnya.

Dikutip dari CNBC, Gates membicarakan hal ini di channel YouTube Derek Muller Veritasium pekan lalu. Saat itu dia ditanya mengenai masalah kemanusiaan selanjutnya di masa depan.

"Salah satunya adalah perubahan iklim. Setiap tahun, perubahan iklim akan menyebabkan jumlah kematian lebih besar daripada yang kita alami dalam pandemi ini," kata pendiri Microsoft ini.

"Selain itu, terkait pandemi, sesuatu yang tidak suka dibicarakan banyak orang, yaitu bioterorisme, bahwa seseorang yang ingin menyebabkan kerusakan dapat merekayasa virus. Jadi itu berarti peluang untuk mengalami hal ini, lebih dari sekadar epidemi yang disebabkan secara alami seperti yang terjadi sekarang," sambungnya.

Bertahun-tahun sebelum virus Corona menghantam dunia, Gates memperingatkan bahwa pemerintah tidak siap menghadapi pandemi.

"Dunia secara keseluruhan tidak memiliki kesiapan untuk menghadapi epidemi, dan kita memiliki sejumlah ketakutan terhadap flu yang membuat kita melakukan beberapa hal kecil, tetapi tidak cukup," katanya dalam wawancara tahun 2014.

"Jika ini dua kali lebih menular, kita akan menghadapi banyak masalah, dan ada agen yang memiliki peluang nyata untuk datang dalam beberapa dekade mendatang yang jauh lebih menular daripada ini," sebutnya kala itu.

Kemudian dalam TED Talk 2015 berjudul "The next outbreak? We're not ready", Gates mengatakan bahwa virus menular adalah risiko yang lebih besar bagi umat manusia dibandingkan perang nuklir.

Dalam wawancaranya dengan Muller, Gates mengatakan akan ada lebih banyak pandemi. Namun, ke depan, pemerintah dapat meningkatkan kesiapan mereka untuk mencoba mengurangi jumlah korban jiwa.

Saat ini, lebih dari 107,44 juta kasus virus Corona tercatat di seluruh dunia, dengan setidaknya ada 2,35 juta kematian, menurut data yang dikumpulkan oleh Johns Hopkins University.



Simak Video "Dikaitkan dengan Teori Konspirasi Corona, Bill Gates: Jahat"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)