Facebook dan Instagram Ramaikan Imlek dengan Fitur Khusus

Facebook dan Instagram Ramaikan Imlek dengan Fitur Khusus

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 08 Feb 2021 22:05 WIB
Facebook dan Instagram rayakan Imlek
Facebook dan Instagram Ramaikan Imlek dengan Fitur Khusus Foto: Facebook
Jakarta -

Menyambut Tahun Baru Imlek 2571 yang jatuh pada 12 Februari mendatang, Facebook menggelar event khusus bernama Sepekan Imlek. Event ini akan menghadirkan fitur-fitur dan program khusus untuk meramaikan Imlek meski harus dirayakan di rumah.

Fitur dan program Sepekan Imlek bisa diakses pengguna Facebook dan Instagram mulai tanggal 11 Februari mendatang. Untuk fitur-fiturnya, Facebook menyediakan sederet GIF, Avatar, stiker dan filter AR khusus bertema Imlek.

"Setiap hari komunitas memanfaatkan Facebook untuk menemukan interaksi yang bermakna. Facebook hadir di Indonesia untuk memberikan dukungan bagi orang dan komunitas untuk dapat tetap terhubung dan merasakan kemeriahan Tahun Baru Imlek meski harus menjaga jarak di tengah masa pandemi," ujar Country Director Facebook Indonesia Pieter Lydian dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Senin (8/2/2021).

"Dalam Sepekan Imlek ini, Facebook memberikan keseruan dengan meluncurkan fitur-fitur bertemakan Imlek seperti Reactions, stiker, GIF, Avatar, dan AR Filter di Facebook dan Instagram. Selain itu, para kreator konten akan menyuguhkan konten-konten yang inspiratif bagi Anda untuk merayakan Imlek bersama keluarga dan orang-orang tercinta," sambungnya.

Untuk pengguna Facebook, menjelang perayaan Imlek bisa menggunakan tombol Reaction Like baru. Tombol ini dirancang dengan warna merah dan emas yang identik dengan perayaan Imlek.

Facebook dan Instagram rayakan ImlekTombol Reaction Like baru bertema Imlek Foto: Facebook

Selain itu ada sederet stiker dan GIF spesial Imlek yang bisa digunakan saat menyapa teman dan keluarga yang merayakan. Untuk GIF khusus Imlek, bisa didapatkan lewat layanan GIPHY.

Facebook dan Instagram rayakan ImlekSalah satu GIF bertema Imlek di Facebook Foto: Facebook

Jika ingin membuat ucapan Imlek yang lebih unik dan personal, pengguna Facebook bisa membuat Avatar khusus yang dihiasi dengan atribut khas Imlek seperti angpau, lampion dan barongsai.

Facebook dan Instagram rayakan ImlekAvatar Facebook khusus untuk sambut Imlek Foto: Facebook

Facebook juga filter augmented reality (AR) baru yang bisa digunakan untuk bermain bersama keluarga dan teman. Filter ini mengajak pengguna untuk tebak-tebakan ucapan 'Tahun Baru Imlek' dalam berbagai bahasa, mulai dari Thailand, Vietnam hingga Korea.

Perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini juga berkolaborasi dengan kreator konten seperti Hobby Makan dan Tastemade Indonesia untuk menghadirkan tips dan resep membuat menu-menu khas perayaan Imlek.

Pengguna Instagram juga tidak akan ketinggalan keseruan Imlek tahun ini. Aplikasi berbagi foto ini menghadirkan tiga stiker baru dan filter AR bertema Imlek yang bisa digunakan untuk membuat postingan Instagram Stories.

Facebook dan Instagram rayakan ImlekStiker dan filter AR khusus Imlek di Instagram Foto: Facebook

Ketiga stiker ini menampilkan karakter kerbau untuk menyambut Tahun Kerbau Logam yang jatuh pada tahun ini. Postingan Stories yang menggunakan stiker dan filter AR khusus Imlek nantinya akan dikumpulkan dalam satu highlight bernama 'yearoftheox' yang berada di pojok paling kiri kolom Stories.



Simak Video "Facebook hingga Instagram Sempat Down, Ini Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)