Kisah Orangtua Manusia Terkaya Dunia Hidupnya Melarat - Halaman 2

Kisah Orangtua Manusia Terkaya Dunia Hidupnya Melarat

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 02 Feb 2021 08:42 WIB
Jeff Bezos
Jeff Bezos bersama ayah dan ibunya. Foto: istimewa

Ayah Tiri yang Menginspirasi

Seperti disebutkan, orang tua Bezos cerai ketika usianya masih 1 tahun. Walau demikian, siapa sangka hal tersebut justru menjadi jalan baginya untuk bertemu dengan sosok yang disebutnya menginspirasi. Ia adalah Miguel 'Mike' Bezos, ayah tiri yang ia anggap bapak kandung.

Pendiri Amazon bercerita ayahnya merupakan imigran Kuba yang pergi ke Amerika Serikat sendirian saat masih berusia 16 tahun. Tak cuma itu, ia juga hanya dapat berbicara dengan Bahasa Spanyol. "Ketabahan, determinasi, dan optimismenya menginspirasi," ucap Bezos.

Lantas, apa yang membuat Mike harus merantau ke Negeri Paman Sam? Jeff mengatakan bahwa ayahnya dikirim oleh orang tuanya ke Amerika Serikat karena mereka merasa perlu melakukannya untuk menyelamatkan dirinya saat Kuba dipimpin oleh Fidel Castro kala itu.

Selain sendiri dan memiliki kosakata yang sangat minim dalam Bahasa Inggris, Mike juga datang dengan modal pakaian yang sedikit. Ia hanya membawa tiga pasang celana, tiga kaus, tiga pasang celana dalam, dan sepasang sepatu.

Ada juga mantel yang dibawanya. Jeff bercerita, ibu ayahnya membayangkan bahwa Amerika sangat dingin, maka dari itu ia membuatkan sebuah mantel untuk anaknya. Bahannya juga sangat sederhana, yakni terbuat dari kumpulan kain lap yang dijahit satu per satu.

Sesampainya di negara pimpinan Donald Trump itu, Mike tinggal di kamp Matecumbe yang ditujukan untuk para pengungsi. Lokasinya berada di Florida. Ia menetap di sana selama tiga pekan.

Kemudian, ia dikirim ke Wilmington, Delaware, untuk masuk SMA. Setelahnya, ia mendapat beasiswa kuliah di Albuquerque, New Mexico. Di sanalah ia bertemu ibu Jeff dan menikah ketika usia CEO Amazon masih berusia 5 tahun.

Butuh waktu sekitar lima tahun bagi Jeff kecil untuk mengetahui bahwa Mike bukan ayah kandungnya. "Aku merasa bahwa ayahku memang dia. Aku tidak malu dengan kenyataan tersebut," kata Jeff.

(fyk/afr)