Sosok Genius Pendiri Signal dan Pelindung WhatsApp

Sosok Genius Pendiri Signal dan Pelindung WhatsApp

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 01 Feb 2021 18:31 WIB
Moxie Marlinspike
Moxie Marlinspike. Foto: Tech Crunch
Jakarta -

Di balik layanan messaging Signal yang sekarang naik daun semenjak kontroversi WhatsApp, ada sosok genius yang mendirikannya. Namanya Matthew Rosenfeld atau lebih dikenal sebagai Moxie Marlinspike.

Marlinspike ini, dengan perusahaannya yang bernama Open Whisper, menciptakan teknologi penyandian yang dikenal dengan nama Signal Protocol. Tak hanya dipakai oleh Signal, Signal Protocol digunakan pula oleh WhatsApp sampai Skype untuk melindungi pesan penggunanya.

Lahir di Georgia, Amerika Serikat tahun 1980, Marlinspike pindah ke San Francisco tahun 1990-an ketika masih remaja. Di pusat teknologi AS itu, kepandaian Marlinspike membuatnya diterima bekerja di beberapa perusahaan teknologi termasuk BEA Systems Inc.

Tahun 2010, ia mendirikan perusahaan keamanan mobile Open Whispers dan menjadi Chief Technology Officer. Open Whispers diakuisisi Twitter tahun 2011 dan Marlinspike pun didapuk sebagai kepala keamanan siber di situs mikroblogging tersebut.

Dua tahun berlalu, Marlinspike memutuskan resign dari Twitter, ia mendirikan Open Whisper System. Bersama co founder Trevor Perrin mereka mengembangkan sistem keamanan Signal Protocol. Kemudian tahun 2015, mereka melahirkan Signal.

WhatsApp yang ingin menerapkan penyandian atau enkripsi end to end memilih memakai Signal Protocol yang dibenamkan pada layanan mereka di tahun 2014. Kemitraan itu diperkuat dua tahun kemudian, di mana WhatsApp dan Open Whisper System mengumumkan bahwa seluruh bentuk komunikasi di WhatsApp memakai teknologi tersebut.

Dengan demikian, Signal dan WhatsApp sebenarnya memakai teknologi penyandian yang sama dan tingkat keamanan pesannya sebanding, di mana yang dapat membaca hanya pengirim dan penerima pesan.

Signal semakin menarik perhatian, apalagi kemudian salah satu pendiri WhatsApp, Brian Acton, bergabung pada tahun 2018. Bersama Marlinspike, Brian mendirikan Signal Foundation.

Download Signal belakangan melambung begitu tinggi lantaran kontroversi yang menimpa WhatsApp. Signal dijanjikan lebih aman dan mengutamakan privasi pengguna, apalagi mereka hanya mengandalkan donasi sebagai sumber penghasilan.

"Kami terorganisir sebagai non profit karena kami merasa cara internet sekarang bekerja adalah gila. Dan banyak kegilaan itu, bagi kamu, adalah hasil dari model bisnis yang buruk dan memproduksi teknologi yang buruk juga. Itu juga memicu hal buruk di masyarakat," kata Marlinspike baru-baru ini.



Simak Video "Jutaan Pengguna WhatsApp Beralih ke Signal dan Telegram"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)