Komputer Akan Terkoneksi ke Otak, Bisa Edit Suasana Hati

Komputer Akan Terkoneksi ke Otak, Bisa Edit Suasana Hati

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 28 Jan 2021 22:36 WIB
President of Valve Gabe Newell
President of Valve Gabe Newell. Foto: The Next Web
Jakarta -

Bos raksasa game Valve Gabe Newell mengatakan, brain computer interface (BCI) atau komputer yang terkoneksi ke otak, akan memungkinkan kita mengedit suasana hati pemain game.

Dikutip dari The Next Web, Newell yakin bahwa BCI segera menciptakan pengalaman superior yang bisa kita rasakan melalui mata dan telinga kita sendiri.

"Tapi bukan itu yang aneh. Yang menjadi aneh adalah ketika Anda menjadi dapat diedit melalui BCI," ujarnya.

Newell membayangkan sebuah perangkat yang bisa mendeteksi emosi pemain, kemudian perangkat itu akan menyesuaikan pengaturan untuk mengubah suasana hati mereka, misalnya seperti menambah tingkat kesulitan game saat mereka bosan.

Newell mengakui jika perangkat semacam ini penuh risiko. Namun disebutkannya, BCI tak hanya bisa digunakan dalam game, tetapi juga berguna untuk diterapkan pada aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari meningkatkan fokus hingga mengubah pola tidur melalui sebuah aplikasi.

Valve saat ini sedang mengembangkan BCI-nya sendiri. Perusahaan di balik game Half-Life dan Counter-Strike ini sedang menggarap headstrap pada headset VR yang dimodifikasi sehingga dapat digunakan developer untuk bereksperimen dengan pendeteksian sinyal dari otak.

"Kalau Anda seorang developer software di era tahun 2022 dan tidak memiliki salah satu dari hal semacam ini di lab pengujian, Anda membuat kesalahan konyol," kata Newell.



Simak Video "Tiru PUBG, CS:GO Kini Punya Mode Battle Royale!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

Berita Terkait