Wow, BMW i8 Dipasangi PC Penambang Bitcoin

Wow, BMW i8 Dipasangi PC Penambang Bitcoin

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 27 Jan 2021 10:35 WIB
BMW i8 Roadster
BMW i8. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Seorang bernama Simon Byrne melakukan hal yang unik, yaitu memasang PC untuk menambang mata uang kripto seperti Bitcoin di bagasi mobil hybrid BMW i8.

Menurut Byrne, ia membuat miniatur PC penambang mata uang kripto ini untuk membuat kesal para gamer. Pasalnya, dalam PC tersebut terpasang enam Nvidia RTX 3080, yang saat ini sulit dibeli karena stoknya yang langka.

PC tersebut dijalankan dengan mengambil daya dari baterai BMW i8, yang menurutnya lebih dari cukup untuk mengoperasikan PC dengan enam GPU tersebut, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Rabu (27/1/2021).

Namun harus diakui, sistem ini mungkin tak cukup praktis untuk dijalankan secara terus menerus. Pasalnya panas yang dihasilkan GPU tersebut terbilang tinggi, yang membuat pintu bagasi mobilnya harus tetap dibuka.

Kemudian, karena pintu bagasi harus tetap dibuka, maka PC ini pun bakal menjadi incaran para maling, kartu grafis yang dipakainya itu bakal dengan mudah dijual di dunia maya karena memang peminatnya yang banyak.

BMW i8 BitcoinBagasi BMW i8 yang dipasangi penambang mata uang kripto. Foto: Istimewa

Byrne bukan satu-satunya orang yang memasang PC penambang mata uang kripto dalam mobil. Sebelumnya sejumlah anggota Tesla Owners Worldwide -- setengah bercanda -- menyarankan untuk memasang PC penambang mata uang kripto di dalam mobil Tesla.

Pasalnya, saat itu (2017) Tesla masih menggratiskan pengisian baterai Tesla lewat jaringan Supercharger yang mereka miliki. Alhasil penambang bisa mengirit biaya penggunaan listrik saat menambang.

Kemudian ada juga seorang pengguna Tesla Model S yang memposting foto, yang menunjukkan PC penambang mata uang kripto di bagasi Tesla Model S.



Simak Video "Membaca Dampak yang Timbul Usai Elon Musk Investasi ke Bitcoin"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)