Tim Cook Hadiahkan Mac Pro 'Pertama' untuk Donald Trump

Tim Cook Hadiahkan Mac Pro 'Pertama' untuk Donald Trump

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 22 Jan 2021 09:03 WIB
President Donald Trump tours an Apple manufacturing plant, Wednesday, Nov. 20, 2019, in Austin with Apple CEO Tim Cook, Ivanka Trump, the daughter and adviser of President Donald Trump and others. (AP Photo/ Evan Vucci)
Tim Cook Hadiahkan Mac Pro 'Pertama' untuk Donald Trump Foto: Associated Press
Jakarta -

CEO Apple Tim Cook ternyata pernah menghadiahkan Mac Pro 2019 pertama yang dibuat di pabrik Flex di Austin, Texas untuk mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Hal ini terungkap setelah laporan keuangan terakhir Trump yang baru saja dirilis.

Di tahun terakhir masa jabatannya, Trump menerima hadiah senilai lebih dari USD 40 ribu, termasuk Mac Pro versi paling murah dengan harga USD 5.999 dari Cook.

"Mac Pro Computer, yang pertama dibuat di Pabrik Flex di Austin, Texas," tulis deskripsi dalam laporan tersebut, seperti dikutip dari Apple Insider, Jumat (22/1/2021).

Trump dan Cook memang pernah bersama-sama mengunjungi pabrik Flex di akhir tahun 2019 sebagai bagian dari kampanye Trump yang mengajak perusahaan AS untuk membuka pabrik di dalam negeri. Tapi Flex bukanlah pabrik milik Apple, melainkan milik kontraktor pihak ketiga bernama Flex Ltd.

Pabrik Flex juga telah digunakan untuk merakit Mac Pro sejak tahun 2013. Jadi sebenarnya Mac Pro yang dihadiahkan untuk Trump bukanlah perangkat pertama yang dirakit di pabrik itu.

Laporan tersebut tidak menuliskan tanggal pemberian hadiah, tapi kemungkinan Cook mengirimkan Mac Pro tersebut tidak lama setelah kunjungan Trump. Saat itu Trump juga ditemani oleh putrinya Ivanka Trump dan Menteri Keuangan Steve Mnuchin.

Dengan harga USD 5.999, Mac Pro yang dihadiakan Cook untuk Trump merupakan varian termurah. Mac Pro ini memakai CPU Intel Xeon 8 core, GPU Radeon Pro 580X, RAM 32 GB, dan SSD 256 GB.

Sedangkan versi paling mahalnya bisa menembus harga USD 52.599 atau lebih dari Rp 730 juta. Versi ini memang menggunakan komponen yang super seperti prosesor 2,5GHz Intel Xeon W dengan 28 core, 56 threads, serta Turbo Boost up to 4.4GHz senilai USD 7.000.

Harga tersebut belum termasuk monitor Pro Display XDR yang harganya mulai USD 5.000 atau sekitar Rp 70 juta, dudukan monitor seharga USD 999, dan roda untuk Mac Pro seharga USD 400.



Simak Video "CEO Apple Apresiasi Wisudawan 'Apple Developer Academy' Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)