Jack Ma Akhirnya Muncul Online, Tapi Lokasinya Jadi Misteri

Jack Ma Akhirnya Muncul Online, Tapi Lokasinya Jadi Misteri

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 20 Jan 2021 13:24 WIB
Jack Ma menghilang dari pandangan publik. Sebelumnya pemilik Alibaba dan Ant Group itu mengkritik regulator China pada konferensi di Shanghai pada Oktober 2020.
Jack Ma. Foto: AP Photo
Jakarta -

Sudah hampir 3 bulan Jack Ma menghilang dari publik dan kabar terbaru, ia akhirnya muncul kembali. Dikutip detikINET dari Reuters, ia tampak bertemu dengan 100 guru pedesaan di China melalui video meeting, Rabu (20/1/2021).

Ini adalah kabar yang ditunggu dan merupakan kemunculan pertama sang pendiri Alibaba sejak Oktober 2020. Kabar tersebut disambut baik oleh investor sehingga tak lama kemudian, saham Alibaba naik.

Media lokal Tianmu News, website berita yang didukung pemerintah China, merupakan yang pertama kali melaporkan hal ini. Dalam video durasi 50 detik itu, Ma yang berpakaian navy berbicara secara streaming.

Namun, kemunculan Jack Ma ini masih menjadi misteri. Hal ini karena lokasi di mana ia bicara tidak dilaporkan. Selain itu, perkataannya sama sekali tidak menyinggung kasus yang menimpanya.

Dia membahas soal penghargaan Jack Ma Rural Teachers Award sebagai salah satu aktivitas filantrofi yayasannya pada para guru. Penghargaan itu diberikan di lokasi Kota Sanya.

"Kita tidak bisa bertemu di Sanya karena pandemi. Ketika pandemi berakhir, kita harus menemukan waktu untuk perjalanan setiap orang ke Sanya dan kita akan bertemu kembali," katanya.

Sebelum kemunculannya, beberapa orang atau pebisnis yang dekat dengannya kadang memberikan kabar update. Fred Hu selaku chairman perusahaan private equity Primavera Group baru baru ini meyakini Jack Ma baik-baik saja. Ia juga tetap optimistis terhadap masa depan perusahaan Jack Ma seperti Ant Financial walau menghadapi regulasi lebih ketat dari pemerintah China.

"Saya yakin dia aman. Dia tetap sosok teladan abadi soal kewiraswastaan sukses," kata Hu.

Primavera yang dipimpin Hu adalah salah satu investor kelas kakap Alibaba. Hu pun menjadi direktur non eksekutif di dewan direksi Ant. "Saya yakin bahwa perusahaan ini (Ant) adalah inovator yang sangat sukses dan sendirian menciptakan fintech di China. Saya tetap merasa optimis tentang masa depan perusahaan ini," imbuh Hu.

Seperti diberitakan, proses IPO atau penjualan saham perdana Ant dibatalkan pemerintah China setelah pidato Jack Ma yang mengkritik sistem keuangan negaranya sendiri. Beberapa waktu kemudian, Alibaba juga diselidiki terkait dugaan monopoli.

Sebelumnya, jurnalis CNBC International David Faber dengan mengutip sumber anonim, menyebut Jack Ma hanya berusaha menghindari sorotan publik. "Dia tidak tampil di publik dengan tujuan tertentu dan diperkirakan akan seperti itu hingga beberapa waktu ke depan," ujar David Faber.

Menurut David Faber, ada kemungkinan saat ini Jack Ma berada di Hangzhou, kota tempat kantor pusat Alibaba Group. Jack Ma juga tidak ditangkap atau ditahan oleh pemerintah China seperti yang didesas-desuskan netizen.



Simak Video "Jack Ma yang Kalem di Kemunculan Perdananya Usai Menghilang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)