Apa Itu SEO? Manfaat, Strategi dan Cara Kerjanya

Apa Itu SEO? Manfaat, Strategi dan Cara Kerjanya

Puti Yasmin - detikInet
Kamis, 14 Jan 2021 16:30 WIB
FILE PHOTO: An illuminated Google logo is seen inside an office building in Zurich September 5, 2018. REUTERS/Arnd WIegmann/File Photo
Apa Itu SEO? Manfaat, Strategi dan Cara Kerjanya (Foto: Arnd WIegmann/Reuters)
Jakarta -

Search Engine Optimization (SEO) menjadi salah satu bidang yang banyak diminati masyarakat saat ini. Namun, apa itu SEO dan seperti apa manfaatnya?

Saat ini, SEO telah menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dalam sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan internet, khususnya website. Sebab, SEO bisa mendorong optimalisasi pencarian situs tersebut.

Apa Itu SEO dan Manfaatnya?

  • Apa itu SEO?

Dikutip dari buku 'Kitab Sakti SEO' karya Su Rahman, SEO adalah serangkaian teknik yang dilakukan agar website dapat dengan mudah ditemukan oleh search engine (Google). Sederhananya, bila seorang mencari dengan kata kunci atau keyword, maka website dengan teknik SEO yang akan muncul di halaman pertama.

  • Manfaat SEO

SEO membuat website muncul di rangking tertinggi dari hasil pencarian saat keyword dimasukkan ke dalam Google. Semakin tinggi ranking suatu website atau situs karena SEO maka semakin besar jumlah klik yang didatangkan bagi website tersebut.

Contoh SEO dengan teknik yang dimaksud adalah, bila seseorang memasukkan keyword atau kata kunci 'Masjid Sunda Kelapa' di Google, maka situs yang menggunakan teknik SEO akan berada di halaman satu Google.

  • Cara Kerja SEO

Teknik SEO harus dikerjakan setiap saat dan setiap waktu. Sebabnya, algoritma Google selalu diperbaharui. Sehingga bila tidak diperbaharui, search engine akan menganggap website (isi konten dalam website) basi dan bahkan melanggar ketentuan saat ini.

Dengan konten yang selalu diperbaharui serta ranking website yang baik, maka masyarakat bisa bisa selalu mengunjungi situs secara rutin. Sebab, mereka akan menganggap situs penting, menarik, dan harus dikunjungi.

  • Bagaimana Cara Membuat SEO?

Cara kerja SEO merupakan gabungan dari sebuah metode dan juga tool. Dengan begitu, situs atau website bisa berada di halaman pertama Google atau memiliki ranking sehingga diklik atau dibaca oleh masyarakat.

Untuk mempraktekkan teknik SEO ada dua cara yang bisa digunakan, yakni On Page dan Off Page. Adapun, On Page adalah metode yang dilakukan dari sisi desain, isi halaman web (seperti konten artikel), maupun tema web.

Sedangkan, Off Page adalah cara membangun banyak link menuju website atau situs yang diinginkan. Cara melakukan ini bisa dengan mengirim link pada kolom komentar maupun mempromosikannya di sebuah kegiatan.

Jadi detikers, sudah paham apa itu SEO kan?



Simak Video "Tips Jadi Guru yang Menginspirasi dari Pakar Pendidikan"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)