TikTok Ikut Blokir Video Donald Trump yang Picu Kerusuhan

TikTok Ikut Blokir Video Donald Trump yang Picu Kerusuhan

Yudistira Perdana Imandiar - detikInet
Jumat, 08 Jan 2021 12:40 WIB
aplikasi tiktok
Aplikasi TikTok. Foto: Unsplash/Kon Karampelas
Jakarta -

TikTok akan menghapus seluruh video terkait pidato Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang memicu kerusuhan massa di Gedung Capitol. Pidato tersebut dianggap menyalahi aturan di platform TikTok mengenai penyebaran informasi keliru.

Sebaliknya, TikTok memperbolehkan pengguna mengunggah video yang berisi sangkalan terhadap pernyataan Trump. Di samping itu, TikTok juga mengizinkan video mengenai kecaman terhadap aksi brutal di Gedung Capitol, terutama yang diunggah akun media massa kredibel.

Dalam pernyataan resminya, TikTok menegaskan tidak akan berkompromi kepada siapa saja yang menyerukan kebencian dan kekerasan, termasuk juga presiden Donald Trump. Bahkan, TikTok tak akan segan menghapus akun dan video yang menyalahi aturan.

"Sikap kebencian dan kekerasan tidak mendapatkan tempat di TikTok," bunyi keterangan resmi TikTok dikutip dari The Verge, Jumat (8/1/2020).

"Konten atau akun yang dianggap menghasut, membenarkan, atau mempromosikan kekerasan berarti menyalahi pedoman komunitas kami dan akan dihapus," lanjut keterangan tersebut.

TikTok juga memblokir segala hashtag yang berkaitan dengan serbuan massa ke Capitol, seperti #stormthecapitol dan #patriotparty. Hal tersebut serupa dengan yang dilakukan TikTok terhadap hashtag terkait konspirasi pada masa pemilihan Presiden AS November lalu.

Sebelumnya, platform media sosial lain seperti Facebook dan Twitter telah mengambil tindakan tegas untuk merespons kericuhan di Capitol yang dianggap mendegradasi demokrasi di AS.

CEO Facebook Mark Zuckerberg menyatakan kemurkaannya pada tindakan Trump dan menyatakan bisa saja akun Facebook dan Instagram Presiden AS ke-45 itu diblokir tanpa batas waktu. Sementara itu, Twitter mengunci akun Trump selama 12 jam. Kini, TikTok mengikuti tindakan mereka itu.



Simak Video "Tutorial Bikin Filter 'Nggak Ada Akhlak' yang Viral di TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)