Malaysia Kembangkan Serat Daun Nanas Jadi Kerangka Drone

Malaysia Kembangkan Serat Daun Nanas Jadi Kerangka Drone

Josina - detikInet
Rabu, 06 Jan 2021 22:35 WIB
Tim peneliti Malaysia Drone Nanas
Foto: istimewa
Jakarta -

Sebuah tim penelitian dari Malaysia telah mengembangkan metode untuk mengubah serat pada daun nanas yang dibuang menjadi bahan tahan lama yang dapat digunakan untuk membuat kerangka drone.

Tim peneliti dari Universitas Putra, Malaysia sedang mengerjakan sebuah proyek yang dipimpin oleh Profesor Mohamed Sultan. Mereka telah bekerja untuk mengembangkan cara berlanjutan dalam menggunakan limbah nanas yang dihasilkan oleh petani di provinsi Hulu Langat, dekat ibu kota Kuala Lumpur.

Dilansir detikINET dari Gizmochina, Rabu (6/1/2021) prosesnya melibatkan mengubah daun nanas menjadi serat yang kemudian dapat digunakan sebagai bagian drone yang murah dan dapat dibuang.

Ketua tim dari kelompok penelitian ini mengatakan bahwa drone yang terbuat dari bahan bio-komposit memiliki rasio kekuatan-kekuatan pada berat yang lebih tinggi daripada yang terbuat dari serta sintetis dan juga lebih murah, lebih ringan dan mudah sekali pakai sehingga membuat suku cadang seperti itu menjadi biodegradable dan ramah lingkungan.

Mereka mengatakan prototipe drone ini telah menjalani pengujian dan mampu terbang hingga ketinggian sekitar 1.000 meter (3.280 kaki) dan tetap di udara selama sekitar 20 menit.

Tim berharap untuk meningkatkan ukuran drone dan jumlah muatan yang dapat dibawa. Ini akan memperluas aplikasi drone tersebut ke berbagai aplikasi, termasuk pertanian dan inspeksi udara.

Tujuan penelitian ini adalah memberikan solusi inovatif bagi petani yang akan menghasilkan hasil yang lebih baik serta pengalaman bertani yang lebih menyenangkan, kata William Alvisse dari Malaysian Unmanned Drones Activist Society, sebuah LSM yang terlibat dalam proyek tersebut.

Proyek yang diluncurkan pada tahun 2017 ini juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani nanas, yang sebelumnya membuang batang dan daun setelah panen.



Simak Video "Protes Kerabat saat Drone AS Tewaskan Satu Keluarga di Kabul"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)