Apple Hapus Aplikasi yang Promosikan Pesta di Tengah Pandemi

Apple Hapus Aplikasi yang Promosikan Pesta di Tengah Pandemi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 02 Jan 2021 16:10 WIB
App Store
Apple Hapus Aplikasi yang Promosikan Pesta di Tengah Pandemi Foto: shutterstock
Jakarta -

Apple menghapus aplikasi bernama Vybe Together dari App Store. Aplikasi ini ketahuan mempromosikan pesta rahasia di tengah pandemi COVID-19.

Dalam situsnya yang juga telah dihapus, Vybe Together dideskripsikan sebagai aplikasi untuk merencanakan dan menghadiri pesta rahasia. Dalam halaman FAQ yang telah dihapus, Vybe Together menyadari bahaya pandemi dan mengatakan aplikasi ini dirancang untuk mempromosikan kumpul-kumpul kecil di apartemen atau taman dan bukan pesta besar.

Aplikasi ini pertama kali didaftarkan di App Store empat bulan yang lalu, dan domain situs resminya baru didaftarkan pada September lalu. Tapi aplikasi ini baru menjadi perhatian publik setelah jurnalis New York Times Taylor Lorenz mengunggah cuitan tentang Vybe Together.

Lorenz awalnya mengunggah screenshot Vybe Together. Setelah itu ia mengunggah video TikTok dari akun Vybe Together yang mempromosikan pesta tahun baru.

Teks dalam video tersebut mengatakan mereka yang ingin menghadiri harus memiliki undangan dan pestanya akan dilangsungkan di kota New York. Padahal aturan negara bagian New York membatasi pertemuan di dalam dan luar ruangan agar tidak lebih dari 10 orang.

Sejak video pesta tahun baru itu diunggah, TikTok langsung menghapus akun Vybe Together. Juru bicara TikTok mengatakan aplikasi ini dihapus karena melanggar panduan komunitas.

Co-founder Vybe Together Alexander Dimcevski mengatakan aplikasi buatannya tidak pernah mengadakan pesta besar sebelumnya. Tapi ia mengakui video di TikTok sebagai bentuk marketing yang berlebihan.

"Kami tidak mengizinkan pesta besar yang tidak aman selama pandemi," kata Dimcevski kepada Business Insider, seperti dikutip dari CNBC, Jumat (1/1/2021).

Hampir semua jejak Vybe Together di internet telah dihapus, mulai dari website, aplikasi hingga akun TikTok. Bahkan akun LinkedIn milik Dimcevski juga menghilang.

Meski aplikasinya telah dihapus oleh Apple, saat ini Vybe Together masih eksis di Instagram di mana mereka memiliki 840 followers dan telah mengunggah dua postingan.

"App Store menghapus kami!!! Kami akan kembali!! Ikuti untuk tetap update," tulis deskripsi akun Instagram Vybe Together.



Simak Video "Apple Bakal Tendang Aplikasi yang Langgar Fitur Privasi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)