Videografi Kreatif di Media Sosial Diprediksi Menjadi Tren di 2021

Videografi Kreatif di Media Sosial Diprediksi Menjadi Tren di 2021

Yudistira Imandiar - detikInet
Kamis, 31 Des 2020 07:06 WIB
Konten video
Foto: shutterstock
Jakarta -

Media sosial merupakan platform yang sangat dinamis. Tren di sosial media silih berganti dengan cepat, menimbulkan banyaknya variasi konten yang dapat dinikmati masyarakat.

Di tahun 2020, ada berbagai tren di sosial media yang dengan cepat naik ke permukaan menjadi populer. Terlebih dalam situasi pandemi COVID-19 mendorong peningkatan aktivitas masyarakat di platform media sosial.

Mengutip stanventures.com, ada beberapa jenis konten sosial media yang menjadi favorit warganet di tahun 2020. Salah satunya, yakni konten video singkat dengan waktu tayang yang terbatas, seperti Instagram Stories. Video-video singkat yang biasanya menunjukkan aktivitas yang sedang dijalani atau hal menarik yang dimiliki pemilik akun, dinilai efektif untuk meningkatkan engagement dengan para followers.

Tren berikutnya, yakni penggunaan augmented reality (AR) atau virtual reality (VR) pada fitur-fitur di platform media sosial. Contoh paling populer dari teknologi tersebut, yakni filter-filter yang ada di Instagram, seperti filter PS5 dan iPhone 12 yang viral beberapa waktu lalu.

Dari sekian banyak konten yang muncul di lintas platform media sosial, konten video muncul sebagai primadona. Konten-konten yang dikemas lewat visual mampu menarik perhatian para pengguna media sosial. Lewat konten video, warganet bisa menikmati hiburan, mendapatkan pengetahuan dan edukasi, mendengarkan cerita dari para tokoh populer, dan sebagainya.

Di tahun 2021, konten video akan semakin mewarnai platform media sosial. Para pengguna media sosial, khususnya para kreator akan lebih banyak membuat video kreatif yang mengundang perhatian dan menarik ditonton.

Selain YouTube dan Instagram, konten-konten video kreatif banyak datang dari platform TikTok. Para kreator di TikTok mampu memikat khalayak luas lewat kreativitas mereka dalam membuat cerita pendek, parodi, hingga berjoget. Ditambah lagi banyak efek yang dapat digunakan untuk membuat video terlihat semakin menarik.

Mengutip influencermarketinghub.com, popularitas konten video TikTok akan semakin menanjak di 2021. Meskipun dilarang beroperasi di beberapa negara besar, seperti Amerika Serikat dan India, tapi TikTok diprediksi tidak serta merta kehilangan pesonanya.

Instagram, Facebook, dan YouTube juga diperkirakan bakal semakin meroket performanya seiring dengan ragam konten video menarik yang diunggah para pengguna. Para kreator pun semakin terpacu untuk membuat video kreatif untuk mengisi feed Instagram maupun mengunggah di channel YouTube.

OPPO Reno5OPPO Reno5 Foto: dok. OPPO Indonesia

Kini, semua pengguna media sosial dapat membuat video kreatif dengan mudah bermodal smartphone. Dukungan teknologi canggih pada smartphone dapat menunjang kebutuhan pembuatan video kreatif.

OPPO Reno5 muncul sebagai smartphone yang unggul dalam hal produksi video. Smartphone ini dilengkapi berbagai fitur untuk membuat video artistik.

Terdapat fitur AI Mixed Portrait dari OPPO Reno5 dengan dua mode artistik yang dapat disesuaikan oleh pengguna. Fitur ini menawarkan kemampuan menggabungkan video portrait dengan video latar belakang untuk menghasilkan eksposur ganda. Terobosan dari fitur AI Mixed Portrait akan memberi efek artistik berbeda dari yang pernah ada.

Fitur lainnya, yaitu AI Highlight Video. Fitur ini mengandalkan algoritma canggih untuk mendeteksi kondisi cahaya dan menyesuaikan sistem kamera secara otomatis berdasarkan skenario kondisi cahaya yang ada. Contohnya, kamera akan secara otomatis menggunakan algoritma Ultra Night Video pada kondisi cahaya yang minim untuk mengoptimalkan kualitas video. Kecanggihan teknologi pada fitur ini akan membantu perekaman di malam hari tetap terlihat cerah, tajam, dan alami.

Pada kondisi cahaya latar yang kuat, kamera juga dapat otomatis menjalankan algoritma Live HDR untuk menjaga warna alami dan detail dari subjek serta latar belakang gambar yang akan diambil.

Dengan OPPO Reno5, pengguna dapat membuat video dari dua sudut pandang sekaligus tanpa perlu mengeditnya terlebih dahulu. Hal itu didukung adanya fitur Dual-View Video untuk merekam video melalui kamera depan dan kamera belakang secara bersamaan. Perekaman ganda dengan perspektif berbeda memudahkan penyatuan pengguna dan objek yang direkam dalam sebuah bingkai video yang sama.

Fitur-fitur yang ada pada OPPO Reno5 akan semakin memacu kreativitas membuat konten video memukau. Dapatkan informasi terupdate tentang kehadiran OPPO Reno5 di Indonesia denga mengunjungi website & sosial media OPPO Indonesia.



Simak Video "Inilah Sederet Teknologi di Balik Desain Menawan Oppo Reno5!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)