Bill Gates Ungkap Rahasia Pembuatan 10 Miliar Vaksin Corona - Halaman 2

Bill Gates Ungkap Rahasia Pembuatan 10 Miliar Vaksin Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 24 Des 2020 12:00 WIB
Bill Gates Jack Ma
Bill Gates. Foto: Getty Images

Di samping produksi, tentu ada tantangan untuk mendistribusikan vaksin Corona secara merata. Masalah logistik dan finansial bisa menghadang.

"16 perusahaan farmasi telah berkomitmen dengan yayasan kami untuk memastikan vaksin tersedia dengan cara yang adil. Pakar di seluruh dunia perlu mencari cara bagaimana memindahkan seluruh vaksin ke planet ini dengan tetap menjaganya di suhu yang tepat," lanjut Gates.

Pemerintah di setiap negara lalu perlu bertanggung jawab dalam distribusi di negaranya. "Dan negara-negara kaya perlu lebih lagi mengucurkan pendanaan baru untuk organisasi seperti GAVI, yang punya rekam jejak fenomenal membantu imunisasi anak di negara miskin," tambah dia.

Bill Gates memang makin banyak berbicara menjelang pemberian vaksin Corona. Sejak virus Corona muncul, Bill Gates langsung membiayai pengembangan sebagian vaksin dan mengutarakan beragam prediksi soal arah pandemi Corona.

Menurut data Forbes, yayasan Bill Gates telah berkomitmen USD 350 juta untuk mendanai pembuatan vaksin maupun obat Corona, sekaligus distribusinya. Terbaru, mereka menambahkan USD 70 juta untuk membantu menyebarkan vaksin Corona murah di negara miskin atau berkembang.

(fyk/afr)