Netizen Komentari Jaket Biru 6 Menteri Baru

Netizen Komentari Jaket Biru 6 Menteri Baru

Tim - detikInet
Selasa, 22 Des 2020 18:08 WIB
reshuffle kabinet
Netizen Komentari Jaket Biru Menteri Reshuffle. Foto: Screenshot YouTube
Jakarta -

Jaket biru yang dikenakan para menteri baru ikut menarik perhatian netizen saat reshuffle kabinet menteri. Komentarnya macam-macam, karena banyak yang penasaran.

Saat diperkenalkan Presiden Jokowi di Veranda Istana Merdeka, para menteri tampak kompak mengenakan setelan atasan putih dipadu dengan bawahan hitam. Ini merupakan setelan khas Jokowi sejak 2014. Yang berbeda dari prosesi pengenalan menteri baru ini adalah, mereka kompak mengenakan jaket biru muda.

"Kenapa pada pake jaket biru ya," tanya salah satu netizen.

"Santuy. Bentar lagi bakal ada di olshop jaket menteri," komentar netizen lainnya.

Sejumlah cuitan kocak juga dilontarkan netizen mengomentari gaya pakaian para menteri yang baru diumumkan dalam reshuffle kabinet pada hari Selasa (22/12/2020) ini.


Lalu sebenarnya apa arti dari jaket biru yang dipakai para menteri ini? Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Setpres Bey Machmudin mengatakan, makna penggunaan jaket adalah berbahan nyaman dan melindungi dari basah jika kehujanan. Para menteri diharapkan bisa bekerja kapan saja

"Jaket itu bahannya enak, lalu kalau panas tidak membuat keringat, kalau hujan tidak membuat basah. Artinya, setiap orang yang menggunakan tidak masalah dalam cuaca apa pun. Jadi maksudnya, menteri kerja kapan saja dalam suasana kapan saja siap bekerja," kata Bey saat dihubungi, Selasa (22/12/2020).

"Warnanya sih keren saja, eye catching, kapan harus tetap segar cerah, ceria, semangat," tambah Bey.

Pengumuman reshuffle kabinet langsung mendominasi trending topic Twitter, tak lama setelah Jokowi mengumumkan 6 menteri baru. Selain Bu Risma dan Menteri Sosial, topik dan hashtag lain terkait momen reshuflle yang bertengger di trending topic Twitter Indonesia adalah Sandiaga Uno, Menkes, Budi Gunadi Sadikin, Gus Yaqut, Terawan, Menteri Agama, Menag, Mensos, dan Wishnutama.

Berikut ini daftar lengkap Menteri baru hasil reshuffle kabinet:

  • Menteri Sosial: Tri Rismaharini
  • Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono
  • Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Uno
  • Menteri Agama: Yaqut Cholil Quomas
  • Menteri Perdagangan: M Lutfi
  • Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin.



Simak Video "Isu Reshuffle Menteri Jokowi, Ini Tanggapan Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)