Sepanjang 2020, Donasi Masyarakat Lewat Tokopedia Capai Rp 42 M

Sepanjang 2020, Donasi Masyarakat Lewat Tokopedia Capai Rp 42 M

Nurcholis Maarif - detikInet
Kamis, 17 Des 2020 19:40 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Pandemi ternyata mendorong semangat masyarakat dalam berbagi kebaikan. Hal tersebut misalnya dicatat Tokopedia bahwa sepanjang 2020, total donasi masyarakat lewat plartform-nya mencapai lebih dari Rp 42 miliar. Tren donasi ini meningkat 6,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama.

"Sepanjang 2020 hingga bulan November, masyarakat Indonesia telah berdonasi lebih dari Rp 42 miliar lewat Tokopedia. Nilai ini meningkat lebih dari 6,5x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya,"ungkap Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda.

Dijelaskan Garri, donasi dari pengguna Tokopedia ini secara berkala disalurkan kepada yang membutuhkan oleh berbagai lembaga kemanusiaan terpercaya. Ia juga mengatakan melihat antusiasme masyarakat yang terus meningkat dalam berdonasi, Tokopedia melalui ekosistem Tokopedia Salam kali ini berkolaborasi dengan Rumah Yatim untuk menghadirkan program Kado Akhir Tahun untuk Anak Yatim hingga 31 Desember 2020.

Program ini untuk membantu anak-anak dari keluarga pra-sejahtera, terutama mereka yang membutuhkan perlengkapan belajar dalam menyambut semester baru.

"Menuju akhir tahun ini, Tokopedia mengajak seluruh masyarakat untuk berbagi kebaikan kepada mereka yang lebih membutuhkan di tengah pandemi. Masyarakat bisa turut berpartisipasi dengan mengetik 'Donasi' pada kotak pencarian aplikasi maupun situs Tokopedia," ujar Garri.

Ada dua jenis paket alat tulis yang bisa dipilih untuk didonasikan, yaitu dengan nilai Rp 49.000 dan Rp 99.000. Masyarakat juga bisa memilih sendiri jumlah paket yang ingin disumbangkan. Donasi yang terkumpul nantinya akan disalurkan oleh Rumah Yatim pada 21-31 Desember 2020.

"Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa lewat kolaborasi bersama para mitra strategis untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan. Semoga donasi yang terkumpul dari masyarakat dapat membantu anak-anak Indonesia yang membutuhkan menyambut semester baru sekaligus menginspirasi lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan dengan sesama," tutup Garri.



Simak Video "Dikabarkan Mau Merger, Ini Respons Gojek-Tokopedia"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/afr)