TikTok Ungkap Kreator dan Video Paling Populer Sepanjang 2020

TikTok Ungkap Kreator dan Video Paling Populer Sepanjang 2020

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 15 Des 2020 17:11 WIB
Logo TikTok
TikTok Ungkap Kreator dan Video Paling Populer Sepanjang 2020 Foto: (Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

TikTok termasuk platform yang popularitasnya melonjak di tahun 2020. Perubahan tatanan hidup di tengah pandemi pun mempengaruhi daftar konten yang populer setahun belakangan.

Head of User and Content Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra mengatakan sepanjang tahun 2020, setiap pengguna TikTok di Tanah Air telah menonton lebih dari 100 video.

"Di Indonesia sendiri rata-rata user sudah nonton lebih dari 100 video dan kita lihat lagi angka sebenarnya TikTok Indonesia ini per month-nya bisa generate more than 10 billion views," kata Angga dalam press briefing virtual Year on TikTok 2020, Selasa (15/12/2020).

"Jadi memang grow sejauh ini di 2020. On average, user open this app itu lima kali sehari," tambahnya.

Angga menjelaskan kategori konten yang paling populer di TikTok Indonesia sepanjang tahun 2020 adalah komedi, edukasi, fashion and beauty, talent dan food. Daftar ini tidak banyak berubah dibandingkan tahun sebelumnya, tapi untuk tahun ini jadi memiliki lebih banyak sub-kategori.

Menutup tahun 2020, TikTok merangkum daftar video, kreator, hashtag dan efek paling populer di tahun ini. Tiga kreator teratas di TikTok ada @sandys.ss, @jharnabhagwani, dan @realsesesvana.

Menurut Angga, untuk kategori kreator teratas tidak ditetapkan berdasarkan jumlah penggemar yang dimiliki tapi melihat dari engagement dengan pengguna lain serta kecepatan pertumbuhannya.

Melihat pesatnya perkembangan konten edukasi di tahun ini, TikTok untuk pertama kalinya juga merilis kategori edukator teratas. Beberapa kreator yang masuk dalam kategori ini antara lain @borassaem, @asahpolapikir, dan @ritajessica.

Bicara soal TikTok pasti tidak jauh-jauh dari efek dan filter. Sepanjang tahun 2020 ada tiga efek TikTok yang paling populer yaitu 'Focus on Me', 'Green Screen Video', dan 'Timewrap Scan'.

Untuk konten video, Angga mengatakan ada banyak video yang banyak ditonton dan memperoleh banyak engagement. Tapi satu kategori yang cukup mengejutkan adalah video parenting yang diunggah kreator @rensiasanavira.

"Ternyata parenting pun ada demand-nya di TikTok dan itu baru kita recognized di 2020," jelas Angga.

Selanjutnya: Daftar lengkap Year on TikTok: Top 100 di Indonesia