LG Luncurkan Robot Basmi COVID-19

LG Luncurkan Robot Basmi COVID-19

Josina - detikInet
Jumat, 11 Des 2020 17:12 WIB
BARCELONA, SPAIN - FEBRUARY 22:  A logo sits illuminated outside the LG pavilion on the opening day of the World Mobile Congress at the Fira Gran Via Complex on February 22, 2016 in Barcelona, Spain. The annual Mobile World Congress hosts some of the worlds largest communications companies, with many unveiling their latest phones and wearables gadgets.  (Photo by David Ramos/Getty Images)
Foto: David Ramos/Getty Images
Jakarta -

LG salah satu perusahaan teknologi terbesar asal Korea Selatan telah meluncurkan sebuah robot desinfeksi di negara tersebut untuk membantu menghentikan penyebaran virus COVID-10.

Seperti diketahui bahwa gelombang kedua dari pandemi COVID-19 telah melanda beberapa negara sehingga mereka kembali wajib untuk memberlakukan tindakan pencegahan mulai dari penggunaan masker, jaga jarak dan tindakan serupa lainnya.

Untuk membantu memeriksa penyebaran virus, LG pun meluncurkan robot tersebut yang dilengkapi dengan lampu ultraviolet-C (UV-C) di bagian sisinya. Lampu ini memiliki panjang gelombang emisi antara 100 hingga 280nm yang efektif dalam membunuh kuman.

Dilansir detiKINET dari Gizmochina, Jumat (11/12/2020) LG juga mengungkapkan bahwa penelitian yang dilakukan oleh Korea Conformity Laboratories, sebuah lembaga penelitian nasional menunjukkan bahwa lampu UV-C pada robot tersebut 99,9% efektif membunuh bakteri coliform dan staphylococcus aureus dari dalam radius 1 meter.

Dari segi tampilan robot desinfektan LG memiliki tinggi 160cm dan dilengkapi dengan teknologi penggerak otonom sehingga dapat melewati rintangan. Ia juga dirancang untuk mendisinfeksi objek dan area yang dapat dijangkau dengan tangan.

LG juga berencana untuk menempatkan robot ini di tempat-tempat seperti hotel, rumah sakit, dan sekolah yang memiliki banyak ruang terpisah dan mandiri.

robot lgrobot lg Foto: LG

"Robot-robot tersebut akan membantu meriangkan beban kerja petugas kesehatan pada saat desinfeksi menjadi lebih penting dari sebelumnya karena pandemi COVID-19," kata LG.

LG juga mengembangkan versi alternatif yang menyemprotkan disinfektan alih-alih memiliki lampu UV-C. Versi ini akan lebih cocok untuk tempat-tempat dengan area yang lebih terbuka seperti kantor, restoran, dan stasiun transportasi.

Robot ini pun diharapkan dapat diluncurkan secara resmi pada acara Korea Electronics Show 2020 di COEX mulai 9 hingga 12 Desember.



Simak Video "Terus Merugi, Bisnis Smartphone LG Gulung Tikar"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)