Gegara Pandemi, Pencarian Edukasi di Google Meningkat

Gegara Pandemi, Pencarian Edukasi di Google Meningkat

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 09 Des 2020 16:42 WIB
Sejumlah anak dengan didampingi orang tua berkumpul di pos keamanan atau pos ronda di pemukiman kawasan Pejompongan, Benhil, Jakarta, Jumat (4/9/2020).
Gegara Pandemi, Pencarian Edukasi di Google Meningkat (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 mengharuskan banyak orang untuk beraktivitas di rumah saja, termasuk belajar dan bekerja. Berkat kebijakan belajar dari rumah, pencarian seputar edukasi di Google jadi meningkat.

Head of Consumer Apps Marketing Google Indonesia Fida Heyder mengatakan pencarian terkait pendidikan yang paling trending adalah 'Google Classroom', 'Apa itu Kuota Belajar' dan 'Cara login Google Classroom'.

Tidak hanya itu, jawaban dari pertanyaan yang jadi tugas sekolah juga makin banyak dicari dan kadang muncul di Google Trends.

"Jadi kita melihat pencarian yang naik di bidang sains, ilmu pengetahuan alam mulai dari biologi sampai matematika, geografi itu naik semua," kata Fida dalam konferensi pers virtual Google Year in Search 2020, Selasa (8/12/2020).

Selain pencarian di Google Search, Fida juga melihat kenaikan di penggunaan layanan Google Translate. Ia memperkirakan kenaikan ini bukan hanya didorong oleh murid, orang tua atau guru untuk urusan sekolah, tapi juga oleh masyarakat luas yang ingin mempelajari topik-topik dari luar negeri.

Fida menambahkan pencarian terkait edukasi tidak terbatas hanya untuk membantu proses belajar online saja. Dari daftar Year in Search 2020, Google melihat banyak orang Indonesia yang mencari keterampilan baru untuk dipelajari.

Untuk kategori Resep misalnya, ada dua resep makanan viral yang paling banyak dicari yaitu 'Dalgona Coffee' dan 'Odading'. Masyarakat Indonesia yang ingin mengasah skill memasak sekaligus mendapatkan pemasukan tambahan di tengah pandemi juga banyak mencari resep 'Donat', 'Rendang Sapi', hingga 'Pizza Rumahan'.

Fida mengatakan tren pencarian tahun ini memperlihatkan orang Indonesia lebih action driven karena mereka tidak hanya mencari sesuatu di Google untuk dimengerti tapi juga untuk mengubahnya menjadi tindakan.

Ia mencontohkan jika trending Google tahun-tahun sebelumnya banyak diisi dengan pertanyaan seperti cara menjadi terkenal atau cara menjadi sukses, tahun ini justru diisi dengan 'cara menjadi UMKM' dan 'cara menjadi YouTuber pemula'.

"Semuanya lebih menunjukkan aksi. Mungkin tahun lalu cara menjadi terkenal atau menjadi artis ini selalu ada dari tahun ke tahun. Cuma kalau kita lihat dari analisa semuanya tahun ini lebih action driven, gimana nih saya bisa mengakali perubahan ini," pungkas Fida.



Simak Video "Corona hingga Omnibus Law Masuk Jajaran Trending Google 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)