Bikin Foto Street View di Google Maps Kini Bisa Pakai HP

Bikin Foto Street View di Google Maps Kini Bisa Pakai HP

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 05 Des 2020 18:38 WIB
Google Street View Olimpiade Rio
Foto: Olimpiade Rio
Jakarta -

Google Maps menambah punya fitur baru yang membuat pengguna bisa merekam foto Street View menggunakan HP-nya, tak cuma lewat mobil Street View seperti sebelumnya.

Persyaratan untuk memakai fitur ini hanyalah memakai perangkat yang kompatibel dengan ARCore, dan penggunanya berada daerah yang memang sudah dibuka aksesnya. Yaitu Toronto, New York, Austin, Nigeria, Kosta Rika, dan Indonesia.

Google menjanjikan kalau nantinya akan semakin banyak negara yang terbuka untuk memanfaatkan fitur ini. Foto yang dihasilkan oleh pengguna ini nantinya bakal mereka pakai untuk area yang gambar Street View-nya belum tersedia.

"Walaupun trekker dan mobil Street View kami sudah mengumpulkan lebih dari 170 miliar gambar dari jalan sepanjang 10 juta mil di seluruh dunia, masih banyak bagian bumi yang belum terpetakan," ujar Stafford Marquardt, product manager Google Maps Street View.

"Saat orang-orang mengkontribusikan foto yang terhubung, mereka akan muncul di lapisan Street View di Google Maps dalam bentuk garis titik-titik biru," tambahnya.

Sebelumnya, pengguna memang sudah bisa menyetor gambar Street View, namun hal tersebut membutuhkan kamera 360 derajat khusus. Sementara fitur yang baru dirilis ini bisa dimanfaatkan dengan kamera ponsel biasa.

Kehadiran fitur ini tentu akan memperluas cakupan Street View ke daerah yang sebelumnya tidak bisa dijangkau oleh trekker dan mobile Street View. Foto yang diposting ini juga nantinya juga akan dipakai untuk memperbarui informasi di Google Maps, seperti tempat bisnis baru, atau melengkapi jam operasional sebuah tempat.

Namun tentunya Google juga menerapkan standar privasi yang sama untuk foto Street View yang dikirimkan oleh pengguna. Yaitu mem-blur wajah atau plat nomor yang ikut terekam dalam gambar, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (5/12/2020).

Google Street View Olimpiade RioBikin Foto Street View di Google Maps Kini Bisa Pakai HP Foto: Olimpiade Rio


Simak Video "Palestina Tak Muncul di Maps, #FreePalestine Menggema"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)