Bintang Emon Saingi Artis Korea di Pencarian Google Tahun 2020

Bintang Emon Saingi Artis Korea di Pencarian Google Tahun 2020

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 09 Des 2020 15:36 WIB
Bintang Emon
Bintang Emon Saingi Artis Korea di Pencarian Google (Foto: Instagram @bintangemon)
Jakarta -

Komika Bintang Emon sempat beberapa kali viral tahun ini karena video sindiran sosialnya yang kocak. Siapa sangka video-video ini mengantarkannya sebagai salah satu sosok yang paling banyak dicari di Google sepanjang tahun 2020.

Bahkan Bintang berhasil menyaingi sosok-sosok ternama seperti aktor Hyun Bin, Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji yang dikenal lewat drama Korea yang mereka bintangi. Saat ditanya apa rahasianya, Bintang hanya menjawab dengan guyonan.

"Itu karena saya bikin banyak akun trus cari nama sendiri, jadi Bintang Emon itu banyak dari saya," kelakar Bintang dalam konferensi pers virtual Google Year in Search 2020, Selasa (8/12/2020).

Dengan nada lebih serius, Bintang mengatakan ia bisa viral dan sering dicari di Google mungkin karena video-video dalam seri #DPO yang ia unggah bisa mewakili suara-suara anak muda yang merasa tidak terwakilkan.

Selain Bintang Emon, konten viral lainnya yang juga banyak dicari di Google sepanjang tahun 2020 adalah film pendek Tilik yang diunggah di YouTube beberapa bulan yang lalu.

Sutradara Tilik Wahyu Agung mengatakan ia tidak menduga film pendek buatannya akan viral dalam waktu singkat setelah diunggah di YouTube. Wahyu mengaku tidak merasa takut mendistribusikan film Tilik lewat YouTube meski beberapa kali ia mendapatkan pemberitahuan bahwa ada pengguna lain yang menduplikasi filmnya.

"Kemarin selalu memantau, kita punya tim untuk memantau pergerakan di YouTube jadi ketika kami sudah merencanakan film ini untuk di-publish di YouTube kami pun juga harus memikirkan strategi yang lain salah satunya ini," kata Wahyu dalam kesempatan yang sama.

Netizen juga banyak yang kepo dengan beberapa istilah seperti 'ghosting', 'gabut', 'lockdown', 'rebahan', dan 'resesi'. Berita dan isu penting di Indonesia juga banyak dicari di Google seperti 'Omnibus Law', 'Sunda Empire', dan 'Uang 75 ribu'.

Tahun 2020 juga diwarnai dengan banyak kepergian, termasuk ikon-ikon legendaris di Indonesia seperti Glenn Fredly, Didi Kempot, Ria Irawan dan lain-lain.

Berikut daftar lengkap Google Year in Search 2020 di delapan kategori khusus:

Google Year in Search 2020Google Year in Search 2020 Foto: Google


Simak Video "Tampilan Baru Logo Ikon Gmail hingga Chrome"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)