Ini 10 Hal yang Paling Dicari Orang di Google Sepanjang 2020

Ini 10 Hal yang Paling Dicari Orang di Google Sepanjang 2020

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 09 Des 2020 15:05 WIB
Google, Google Indonesia, Ilustrasi Google Indonesia
Google Ungkap Pencarian Trending Sepanjang Tahun 2020 (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta -

Setiap tahunnya Google selalu merilis Year in Search yang berisi penelusuran paling trending sepanjang tahun. Untuk Year in Search 2020, tidak heran jika virus Corona dan kata kunci terkait mendominasi daftar ini.

Head of Consumer Apps Marketing Google Indonesia Fida Heyder mengatakan daftar Year in Search 2020 tidak dibuat berdasarkan tingkat popularitas hasil penelusuran.

"Jadi ini bukan data yang paling banyak dicari atau yang paling populer, tapi yang trending. Yang trending ini berarti tahun ini dicari lebih banyak dari tahun sebelumnya," kata Fida dalam konferensi pers virtual, Selasa (8/12/2020).

Google membagi daftar ini dalam sembilan kategori yaitu 'Overall Trending', 'Apa Itu', 'Siapa', 'Bagaimana Cara', 'Kepergian Tokoh', 'Resep', 'Lirik Lagu', 'Film/TV Series', dan 'Berita'.

Dalam data yang dibagikan Google, di kategori Overall Trending yang mencakup lintas kategori terdapat kata kunci 'Virus Corona', 'PSBB', 'Hand Sanitizer' dan 'Google Classroom' di dalam daftar 10 besar. Ada juga isu-isu penting seperti Kartu Pra Kerja dan Omnibus Law.

Fida mengatakan kueri terkait virus Corona yang paling banyak dicari antara lain jumlah statistik, apa itu virus Corona, dan apa itu PSBB. Melihat banyaknya pengguna yang membutuhkan informasi relevan, Google pun mengubah halaman hasil pencariannya untuk menampilkan informasi terbaru seputar COVID-19.

Di sisi lain, orang Indonesia juga banyak mencari hal-hal menarik yang bisa mereka lakukan selama di rumah saja atau kegiatan baru untuk menyambut new normal. Fida mengatakan hampir tiap tahunnya ada trending tentang makanan, dan tahun ini makanan yang masuk trending Google adalah odading yang sempat viral.

"Mungkin juga karena banyak yang tidak bisa beraktivitas keluar jadi kita banyak pencarian tentang resep. Salah satunya yang cukup unik resep odading," jelas Fida.

"Ini salah satu yang menunjukkan orang Indonesia di tengah ketidakpastian jadi carinya yang serius-serius, di satu pihak kita juga bisa di rumah kita bisa masak apa, bagaimana kita melanjutkan hidup," pungkasnya.

Berikut daftar 10 Overall Trending Google di Year in Search 2020:

- Virus Corona
- PSBB
- Kartu Pra Kerja
- Sepeda Lipat
- Odading
- Glenn Fredly
- Hand Sanitizer
- Lathi - Weird Genius ft. Sara Fajira
- Omnibus Law
- Google Classroom



Simak Video "Hukuman Denda Rp 362 Miliar dari Turki untuk Google"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)