Tim Cook Kasih Selamat ke 400 Wisudawan Apple Developer Academy Indonesia

Tim Cook Kasih Selamat ke 400 Wisudawan Apple Developer Academy Indonesia

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 08 Des 2020 13:33 WIB
Apple Developer Academy
Apple Developer Academy. Foto: detikINET/Ari Saputra
Jakarta -

Acara kelulusan Apple Developer Academy kembali digelar. Memasuki tahun ketiganya, sebanyak 400 developer dari seluruh Indonesia diwisuda.

"Selamat kepada ratusan siswa di seluruh Indonesia dan Brasil yang telah lulus dari Apple Developer Academy minggu ini! Dalam tahun penuh tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, bakat, kreativitas, dan kecerdikan Anda telah bersinar. Kami tidak sabar untuk melihat apa yang Anda lakukan selanjutnya!" ujar Tim Cook, CEO Apple dalam kicauannya.

400 lulusan yang diwisuda, Selasa (8/12/2020) merupakan bagian dari Apple Developer Academy yang berlokasi di Jakarta, Surabaya dan angkatan pertama yang lulus dari akademi berlokasi di Batam.

Lantaran masih pandemi, acara kelulusan pun digelar online. Tak hanya itu, proses pelatihan yang sebelumnya dilakukan di offline kini sepenuhnya dilakukan secara online.

Selama pandemi COVID-19, Apple memutuskan menutup sementara lokasi akademi. Pun begitu raksasa teknologi asal Cupertino melihat para siswa dapat beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh, berkolaborasi dengan satu sama lain namun di tempat yang terpisah.

Sebagai bukti banyak aplikasi yang dikembangkan dalam kurun waktu 10 bulan ini juga mencerminkan 'new normal,' yang mencakup dari ketentuan pelayanan perawatan darurat, platform e-commerce, hingga pembelajaran jarak jauh yang interaktif.

Apple Developer AcademyAnadina Harissa salah satu lulusan Apple Developer Academy. Foto: Apple

"Para siswa lulusan Apple Developer Academy tahun ini telah menunjukkan ketangguhan, kecerdasan dan tekad yang luar biasa, dalam beradaptasi dengan cara baru belajar secara langsung demi mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi iOS, dan berpartisipasi dalam ekonomi aplikasi yang berkembang dengan pesat," tutur Lisa Jackson, Vice President of Environment, Policy and Social Initiatives Apple.

"Para lulusan ini meninggalkan akademi dengan ketrampilan yang penting yang dapat mereka gunakan untuk membuat dunia lebih baik, dan kita tidak sabar untuk melihat hal-hal luar biasa yang akan mereka capai."

Selain Lisa Jackson, acara wisuda online ini dihadiri Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Konsul Jenderal untuk Indonesia di San Francisco Simon Soekarno, Kepala BPSDMI Kementerian Perindustrian Eko Cahyanto yang mewakili Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita serta pejabat senior lainnya dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Perindustrian.



Simak Video "CEO Apple Apresiasi Wisudawan 'Apple Developer Academy' Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)