Gen Z Paling Banyak Donasi Digital, Anak SD Termasuk

Gen Z Paling Banyak Donasi Digital, Anak SD Termasuk

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 07 Des 2020 14:20 WIB
donasi untuk yang membutuhkan
Gen Z termasuk anak SD semakin sering beramal melalui donasi digital. Foto: dok. Thinkstock
Jakarta -

Jangan disepelekan, tren micro giving dari gen Z ternyata sangat besar. Kitabisa bahkan menemukan anak SD dan SMP cukup aktif menyisihkan sebagian uang mereka.

M. Alfatih Timur CEO Kitabisa mengatakan dalam acara 'Gopay Digital Donation Outlook 2020', Senin (7/12/2020), menuturkan adanya peningkatan gerakan masyarakat selama pandemi COVID-19. Muncul juga donatur-donatur baru yang hadir memberikan sumbangan.

"Donatur yang baru, dalam konteks masih muda, banyak gen z seperti anak SMP bahkan beberapa anak SD. Jadi kalau mereka ada saldo Gopay atau emoney lainnya dan melihat di media sosial ada yang membutuhkan, mereka memutuskan melakukan donasi digital, kita sebutnya micro giving," jelas Alfatih.

Lebih lanjut selama pandemi yang disebabkan virus Sars-CoV-2 ini, ada beberapa kategori yang meningkat. Pertama adalah donasi untuk alat perlindungan diri (APD) dan sembako, sekalipun kategori kesehatan memang selalu jadi yang utama.

"Di tahun ini, banyak seputar APD dan sembako karena related dengan kondisi COVID. Tapi dari tahun ke tahun memang paling banyak dari kategori medis, baik biaya pengobatan atau transportasi ketika orang sakit, itu yang signifikan," ucapnya.

Berdasarkan data, selama pandemi, kategori yang paling banyak mendapatkan donasi digital adalah kesehatan, diikuti rumah ibadah dan yang berkaitan dengan keagamaan, dan pendidikan. Bencana alam pun termasuk di dalamnya meskipun cenderung fluktuatif karena biasanya meningkat tergantung momentum.

Dari riset yang dilakukan Gopay bekerja sama dengan Kopernik ditemukan bahwa Kitabisa (71%) menjadi platform galang dana digital paling sering digunakan karena dianggap terpercaya dan bisa berdonasi dengan jumlah beragam serta mampu dilakukan secara onlibe.



Simak Video "Perjuangan Anak SD di Subang, Seberangi Sungai Pakai Rakit demi Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)