Bos Tokopedia Ungkap Peluang Emas buat Generasi Pandemi

Bos Tokopedia Ungkap Peluang Emas buat Generasi Pandemi

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 04 Des 2020 16:48 WIB
CEO Tokopedia, William Tanuwijaya dalam acara dPreneur
CEO Tokopedia William Tanuwijaya. Foto: detikcom
Jakarta -

Generasi pandemi, demikian CEO Tokopedia William Tanuwijaya menyebutnya, punya peluang emas dan akan menjadi generasi yang mencatat sejarah transformasi digital.

Berbicara di event bertema Democratizing Commerce In Indonesia: Entering The Next Decade yang digelar Creative Experience Office (CXO), CT Corpora, William mengatakan dalam 11 tahun terakhir, Tokopedia belum pernah melihat periode transformasi digital secepat dan sepenting saat ini.

"Di tengah situasi pandemi, akselerasi digital terjadi lebih cepat. Situasi ini menimbulkan perdebatan mana yang harus didahulukan, kesehatan atau perekonomian. Namun kami melihat, adopsi digital memungkinkan keduanya," kata William di acara yang berlangsung secara virtual, Jumat (4/12/2020).

Disebutkannya, digitalisasi dan teknologi kini bukan lagi sekadar nilai tambah, tetapi telah berkembang pesat menjadi sebuah kebutuhan yang akan membuka peluang baru ke depannya.

"Saya yakin perubahan yang kita alami sejak pandemi ini bukan sementara tapi akan jadi permanen," jelasnya.

William mencontohkan bagaimana orang-orang seusianya pernah mengalami masa ketika mereka perlu menelepon harus ke wartel, atau ketika ingin mengakses internet harus ke warnet. Sekarang, semuanya bisa langsung dilakukan dari ponsel dan menjadi kebiasaan permanen.

"Tentunya kita tidak mau kembali ke masa lalu. Perubahan seperti itulah yang permanen. Sama dengan pandemi saat ini, orang WFH, beraktivitas dan produktif dari jarak jauh, belanja online, dan sebagainya. Kebiasaan-kebiasaan yang jadi permanen ini butuh solusi baru, inilah peluang besar generasi transformasi digital," ujarnya.

Pria asal Medan ini mengatakan, dalam setiap tantangan dan krisis yang dihadapi Indonesia, lahir generasi-generasi penentu yang paling diingat oleh sejarah. Generasi pandemi yang bertransformasi ke digital ini adalah salah satunya.

"Kita ingat, kita punya generasi kemerdekaan di tahun 1945, lalu ada generasi reformasi di tahun 1998, dan kini di tengah situasi krisis pandemi, ada generasi transformasi digital," sebut William.



Simak Video "Google Tanam Investasi di Ladang Tokopedia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)