Apple Watch Selamatkan Pria Ini dari Kelainan Jantung

Apple Watch Selamatkan Pria Ini dari Kelainan Jantung

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 30 Nov 2020 15:50 WIB
Apple Watch
Apple Watch Selamatkan Pria Ini dari Kelainan Jantung Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Fitur monitor detak jantung di Apple Watch lagi-lagi berhasil membantu pengguna mendeteksi kondisi yang belum terdiagnosa. Seperti kisah Zachary Zies yang mendapatkan peringatan saat detak jatungnya mencapai 210 bpm.

Zies yang berusia 25 tahun menderita penyakit langka Friedreich ataxia hampir seumur hidupnya dan ia telah menggunakan kursi roda sejak SMP. Penyakit turunan ini menyebabkan penderitanya kesulitan berjalan serta mempengaruhi kemampuan berbicara dan merasakan sensasi di tangan dan kaki.

Dikutip detikINET dari 9to5Mac, Senin (30/11/2020) suatu saat, Apple Watch yang digunakan Zies memberikan peringatan karena detak jantungnya melonjak jadi 210 bpm. Padahal detak jantung normal berada di kisaran 69-100 bpm.

Setelah mendapatkan peringatan tersebut, Zies langsung berkonsultasi dengan dokter dan menjalani prosedur bernama arterial ablation untuk mengatasi detak jantungnya yang abnormal.

"Apple Watch memberi tahu saya bahwa ada sesuatu yang terjadi, dan Anda harus pergi untuk mendapatkan bantuan untuk melihat apa ada yang salah," kata Zies kepada NBC 24.

Setelah prosedur tersebut, detak jantung Zies kembali normal dan ia mengatakan tingkat kesembuhannya sudah mencapai 90%.

Apple Watch memang memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur notifikasi jika detak jantung mereka dalam kondisi tidak normal.

Ketika diaktifkan, Apple Watch akan mengirimkan notifikasi saat mendeteksi detak jantung di atas atau di bawah batas tersebut selama 10 menit periode tidak aktif.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka aplikasi Apple Watch di iPhone kalian. Ketuk tab My Watch lalu pilih tab Heart. Ketuk opsi High Heart Rate atau Low Heart Rate, kemudian pilih bpm yang diinginkan.

Selain monitor detak jantung, Apple Watch mulai dari Series 5 juga memiliki elektrokardiogram (ECG) yang bisa mendeteksi ritme jantug. Jam tangan pintar ini juga dilengkapi dengan oximeter yang bisa mendeteksi level oksigen di dalam darah.

Ini bukan pertama kalinya Apple Watch membantu penggunanya mendeteksi kelainan jantung. Tahun lalu, seorang wanita di Carolina Utara, AS mengatakan Apple Watch miliknya mendeteksi detak jantung tinggi yang tidak normal dan mendiagnosanya dengan kelainan jantung.



Simak Video "Si Canggih Apple Watch 6 dan Si Ekonomis Apple Watch SE"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)