Apple Potong Komisi App Store Jadi 15%

Apple Potong Komisi App Store Jadi 15%

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 19 Nov 2020 21:46 WIB
App Store
Apple Akan Potong Komisi App Store Jadi 15% Foto: shutterstock
Jakarta -

Apple akan memotong komisi App Store menjadi 15% untuk pengembang software dengan penjualan tahunan kurang dari USD 1 juta. Kebijakan ini merupakan bagian dari App Store Small Business Program yang digalakkan raksasa teknologi tersebut.

Saat ini, Apple mengambil komisi sebesar 30% dari total penjualan aplikasi dan pembelian in-app dari App Store. Komisi ini telah dikritik oleh banyak pengembang seperti kreator Fortnite Epic Games dan Spotify.

Dikutip detikINET dari CNBC, Kamis (19/11/2020) Apple mengatakan program ini akan dimulai pada 1 Januari mendatang dan pengembang yang memenuhi syarat akan menerima potongan persentase komisi untuk pembelian aplikasi dan in-app. Pengembang baru yang belum pernah menaruh aplikasinya di App Store juga akan dikenakan biaya komisi 15%.

Program baru ini dirancang untuk pengembang kecil yang meraup kurang dari USD 1 miliar dalam setahun untuk semua aplikasinya di App Store. Jika pengembang melewati batas tersebut, mereka akan dikenakan komisi 30%.

Jika kemudian penjualan mereka turun di bawah USD 1 juta dalam satu tahun, mereka akan kembali dikenakan komisi 15%. Apple mengatakan mereka akan mengungkap detail lebih rinci tentang komisi lebih rendah ini pada bulan depan.

Perusahaan besutan Steve Jobs ini mengatakan sebagian besar pengembang aplikasi iOS seharusnya bisa mengakses program ini. Tapi Apple tidak menjelaskan berapa persentase dari 28 juta kreator aplikasi di platformnya yang memenuhi syarat.

Berdasarkan data firma analitik Sensor Tower, sekitar 98% pengembang di App Store bisa memenuhi syarat untuk mendapatkan potongan komisi 15%, tapi kategori pengembang ini hanya menghasilkan 5% dari total pendapatan App Store tahun lalu.

Sementara itu App Store merupakan salah satu bisnis terbesar bagi Apple setelah iPhone yang menghasilkan cuan hingga USD 50 miliar tahun lalu. Dalam dokumen yang didaftarkan ke SEC pada bulan lalu, Apple mengatakan memotong biaya komisi App Store bisa mencederai pendapatan mereka.

Pemotongan biaya komisi App Store ini sepertinya tidak memuaskan pengembang yang mengkritik Apple. Spotify yang mengkritik kebijakan komisi di App Store langsung merespons aturan baru ini.

"Perilaku Apple yang anti persaingan mengancam semua pengembang di iOS, dan gerakan baru ini semakin memperlihatkan kebijakan App Store mereka sewenang-wenang dan berubah-ubah," kata Spotify dalam keterangannya.



Simak Video "Unboxing iPhone 12: Mirip iPhone 5 dengan Ukuran Lebih Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)