YouTube Down Lagi

Update

YouTube Down Lagi

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 19 Nov 2020 01:24 WIB
Ilustrasi YouTube, Logo YouTube
Foto: Sean Gallup/Getty Images
Jakarta -

Netizen ramai melaporkan YouTube down. Layanan streaming video milik Google itu tidak bisa diakses.

detikINET pun mencoba membuka YouTube di aplikasi Android dan iOS, keduanya gagal. Lalu lanjut di browser dan aplikasi di Smart TV, nasibnya sama tidak bisa dibuka.

Dan benar saja saat memantau Downdetector pada Kamis dini hari (19/11/2020) banyak yang melapor YouTube down. Terpantau mulai pukul 00.43 WIB ada ratusan laporan yang diterima laman tersebut, 88% mengaku tidak bisa menonton video dan 11% tak dapat akses ke website YouTube.

Pada peta sebaran ada banyak negara yang mengalami kendala. Ada Amerika Serikat, sebagian negara di Amerika Latin, Eropa dan Afrika. Tidak ketinggalan sejumlah negara di Asia, termasuk Indonesia.

Youtube downPeta sebaran Youtube down Foto: screenshot/detikINET

Berikut sejumlah rangkuman laporan netizen di Twitter terkait YouTube Down.








Seperti diketahui Kamis pekan lalu (12/11/2020) YouTube mengalami tumbang atau down berjamaah yang melanda seluruh dunia. Karena merupakan salah satu layanan internet yang paling populer, YouTube down cukup menghebohkan dan membuat para penggunanya risau.

YouTube tumbang ini berlangsung cukup lama, ada yang menyebutkan sudah sampai 1 jam. Akan tetapi berangsur-angsur, sebagian melaporkan layanan YouTube sudah mulai kembali normal.

Sebaran lokasinya saat itu pun cukup merata. Ada di Amerika Serikat, sejumlah negara di Amerika Latin dan Eropa. Demikian pula di Jepang, Australia, Singapura dan Indonesia. Namun dibandingkan saat ini, gangguan YouTube down pada saat itu lebih singkat durasinya.

Dalam akun Twitter-nya, pihak YouTube menyebutkan terjadi masalah untuk menonton video. Masalah ini berdampak di semua perangkat dan berdampak pada semua layanan YouTube.

Masalah ini yang kemudian diperbaiki. Mereka meminta maaf karena YouTube down dan berterima kasih untuk para pengguna yang sudah bersabar menunggu perbaikan.

Namun YouTube tidak menjelaskan lebih rinci technical outage apa yang terjadi sehingga mengganggu layanan mereka. YouTube down ini menjadi keluhan pengguna di seluruh dunia sampai muncul aneka meme-nya.

Update

Akses YouTube terpantau sudah berangsur pulih, baik di aplikasi Android dan iOS, maupun di browser.



Simak Video "Sempat Down, YouTube Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)