Tokopedia Ajak Tech Enthusiast Diskusi Teknologi Terkini Lewat SSE

Tokopedia Ajak Tech Enthusiast Diskusi Teknologi Terkini Lewat SSE

Nurcholis Maarif - detikInet
Sabtu, 14 Nov 2020 21:30 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia memiliki wadah bagi tech enthusiast atau penggiat teknologi untuk berkumpul maupun berdiskusi tentang teknolog terkini. Wadah tersebut merupakan bagian dari program-program yang ada di Tokopedia Academy.

Misalnya program START Summit Extension (SSE). Senior Vice President of Engineering Tokopedia, Herman Widjaja menjelaskan SSE merupakan konferensi teknologi virtual yang digelar setiap bulan oleh Tokopedia sejak April 2020 lalu. Setiap bulannya, acara ini membahas berbagai topik terkait terobosan dan inovasi teknologi Tokopedia.

"Dengan lebih sering mengadakan diskusi teknologi, harapannya dapat menumbuhkan minat anak muda Indonesia terhadap teknologi sekaligus mempersiapkan mereka dengan alat yang dibutuhkan untuk menjadi ahli teknologi itu sendiri," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/11/2020).

Sebagai contoh, SSE pernah mengambil tema Tokopedia Front-End Journey: Democratizing Commerce Through Web & Native Platform. Tim iOS dan Web Platform Tokopedia membawakan presentasi ke dalam dua ses, yaitu iOS UI Development at Scale dan Unlocking New Capabilities for The Web. SSE tersebut disaksikan lebih dari 12 ribu penonton melalui Tokopedia Play pada 20 Oktober 2020 lalu.

Herman mengatakan sebelum SSE, ada START Summit yang merupakan konferensi teknologi pertama Tokopedia yang menampilkan beragam inovasi teknologi dari Tokopedia. Di START Summit, Tim Teknologi Tokopedia turun langsung untuk membagikan cerita mereka terkait Core Engineering, Scalability, dan Data.

"Acara ini juga menawarkan sesi Round Table di mana para peserta dapat mendiskusikan tantangan teknologi mereka saat ini secara langsung dengan tim Teknologi Tokopedia untuk berbagi informasi, mendapatkan wawasan dan menyelesaikan tantangan bersama," ujar Herman.

"START Summit pertama kali diselenggarakan pada Sabtu, 22 Februari 2020, di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka. Acara ini dimeriahkan oleh 2.000 peminat teknologi dan ditonton lebih dari 76.000 orang melalui Tokopedia Play," imbuhnya.

Berbeda dengan START Summit dan SSE, ada juga Tech Workshop yang digelar dalam format diskusi atau seminar dengan skala yang lebih kecil. Melalui kegiatan ini, peserta akan belajar langsung dan mendapatkan pengalaman praktis tentang beragam topik dari tim Teknologi Tokopedia secara intensif selama 3-5 jam.

Beragam kelas/topik yang secara rutin digelar seperti Pengembangan Android, Pengembangan iOS, Pengembangan Kubernetes Cloud, Pengembangan Platform Web, dan lan-lain. Lebih lanjut Herman mengatakan ada juga program Behind Great Product.

Kegiatan ini cocok bagi yang tertarik dengan bidang Product Management. Melalui acara ini, Tokopedia mengundang para ahli di bidang Product, baik dari dalam Tokopedia maupun eksternal, seperti pakar Product dari lembaga pendidikan nasional maupun internasional atau para pemimpin bisnis dari dalam dan luar negeri. Behind Great Product digelar bulanan dan fokus membahas topik-topik yang relevan dengan kondisi saat ini.

"Misalnya, beberapa waktu lalu Behind Great Product sempat membahas mengenai inovasi selama pandemi dan membahas berbagai cara bisnis ditantang oleh COVID-19 dan bagaimana mereka mengelola untuk mempertahankan produktivitas dan mengubah tantangan ini menjadi peluang," ujar Herman.

Program Tokopedia Academy untuk penggiat teknologi selanjutnya ada Tokopedia DevCamp. Ini merupakan program pelatihan yang terdiri dari hackathon intensif selama 6 hari untuk mengembangkan talenta digital Indonesia.

"Program ini dikhususkan untuk mahasiswa di tahun terakhir kuliah dengan mengambil jurusan berbagai bidang teknologi. Selama kompetisi berlangsung, para peserta dilatih dan dibimbing langsung oleh para pemimpin teknologi Tokopedia," ujar Herman.

"Para peserta dilatih dan dibimbing langsung oleh para pemimpin teknologi Tokopedia. Melihat antusias mahasiswa mengikuti program DevCamp di tahun 2019, Tokopedia berkomitmen untuk terus menggelar DevCamp sebagai wadah bagi para pemimpin teknologi masa depan di Indonesia untuk mengembangkan diri," sambungnya.

Lebih lanjut Herman mengatakan selanjutnya ada Advanced Analytics Academy (AAA), Product Design Academy, dan Product Academy. Semua wadah atau program dalam Tokopedia tersebut itu dibuat untuk mewujudkan talenta digital Indonesia.

"Kami melihat bahwa pesatnya perkembangan industri teknologi berbanding lurus dengan meningkatnya kebutuhan akan talenta digital. Menurut kami di Tokopedia, ketersediaan, kesiapan, dan kematangan talenta digital menjadi salah satu kunci utama untuk mewujudkan ekosistem industri teknologi yang lebih maju dan mampu berdaya saing global," ujar Herman.



Simak Video "BLACKPINK Dikonfirmasi Tampil di Tokopedia"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)