Cara Tokopedia Academy Lahirkan Engineer Teknologi Indonesia

Cara Tokopedia Academy Lahirkan Engineer Teknologi Indonesia

Nurcholis Ma - detikInet
Kamis, 12 Nov 2020 15:00 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Pesatnya perkembangan industri teknologi di dunia, termasuk Indonesia, berbanding lurus dengan meningkatnya kebutuhan akan talenta digital. Kebutuhan inilah yang menjadi salah satu alasan Tokopedia meluncurkan Tokopedia Academy pada awal tahun 2019 silam.

Tokopedia Academy disebut tak hanya berbagi informasi tentang teknologi dalam hal pemrograman, tetapi memberikan kesempatan kepada individu untuk belajar tentang Data, Product, dan Product Design, serta beragam topik lainnya yang esensial dalam membangun teknologi.

Senior Vice President of Engineering Tokopedia, Herman Widjaja mengatakan siapa pun yang tertarik dapat mendaftar di berbagai program dalam Tokopedia Academy secara gratis melalui situs Tokopedia Academy.

"Menurut kami di Tokopedia, ketersediaan, kesiapan, dan kematangan talenta digital menjadi salah satu kunci utama untuk mewujudkan ekosistem industri teknologi yang lebih maju dan mampu berdaya saing global," ujar dia dalam keterangan tertulis, Kamis (12/11/2020).

Herman mengatakan diluncurkan di awal 2019 lalu, Tokopedia Academy merupakan salah satu upaya berkelanjutan dari Tokopedia untuk melahirkan talenta digital masa depan di Indonesia. Selain itu, Tokopedia ingin menyediakan akses bagi semua orang untuk belajar berkontribusi bagi perkembangan ekonomi Indonesia melalui teknologi.

Saat ini, Tokopedia Academy juga menjalin kemitraan dengan pemerintah dan universitas. Salah satu contohnya bersama Universitas Indonesia, Tokopedia meluncurkan Tokopedia-UI AI Center of Excellence, sebuah pusat pengembangan AI (Artificial Intelligence) pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi superkomputer deep learning dari NVIDIA, yaitu NVIDIA® DGX-1.

"Pusat pengembangan ini dirancang untuk mendorong akademisi dan peneliti sama-sama memanfaatkan teknologi dan mendorong perkembangan AI untuk pemberdayaan dan kemajuan teknologi di Indonesia," ujar Herman.

Sejumlah Program Tokopedia Academy

Lebih lanjut Herman menjelaskan sejumlah program Tokopedia Academy yang bisa dimanfaatkan para tech enthusiast dan untuk melahirkan talenta digital Indonesia. Pertama, START Summit yang merupakan konferensi teknologi pertama Tokopedia yang menampilkan beragam inovasi teknologi dari Tokopedia.

Di START Summit, tim Teknologi Tokopedia akan turun langsung untuk membagikan cerita mereka terkait Core Engineering, Scalability, dan Data. Acara ini juga menawarkan sesi Round Table yang memungkinkan para peserta dapat mendiskusikan tantangan teknologi mereka saat ini secara langsung dengan tim Teknologi Tokopedia untuk berbagi informasi, mendapatkan wawasan, dan menyelesaikan tantangan bersama.

Kedua, START Summit Extension yang merupakan konferensi teknologi virtual yang digelar setiap bulan oleh Tokopedia sejak April 2020 lalu. Setiap bulannya, acara ini membahas berbagai topik terkait terobosan dan inovasi teknologi Tokopedia.

Ketiga, Tech Workshop. Berbeda dengan START Summit dan START Summit Extension, Tech Workshop digelar dalam format diskusi atau seminar dengan skala yang lebih kecil. Melalui kegiatan ini, peserta akan belajar langsung dan mendapatkan pengalaman praktis tentang beragam topik dari tim Teknologi Tokopedia secara intensif selama 3-5 jam.

Beragam kelas/topik (courses) yang secara rutin digelar seperti Pengembangan Android, Pengembangan iOS, Pengembangan Kubernetes Cloud, Pengembangan Platform Web, dan lain-lain.

Keempat, Behind Great Product. Kegiatan ini cocok bagi yang tertarik dengan bidang Product Management. Melalui acara ini, Tokopedia mengundang para ahli di bidang Product, baik dari dalam Tokopedia maupun eksternal, seperti pakar Product dari lembaga pendidikan nasional maupun internasional atau para pemimpin bisnis dari dalam dan luar negeri.

Kelima, Tokopedia DevCamp yang merupakan program pelatihan yang terdiri dari hackathon intensif selama 6 hari untuk mengembangkan talenta digital Indonesia. Program ini dikhususkan untuk mahasiswa di tahun terakhir kuliah dengan mengambil jurusan berbagai bidang teknologi.

Keenam, Advanced Analytics Academy (AAA), sebuah program pengembangan eksklusif selama 3 bulan untuk lulusan perguruan tinggi di bidang Data, untuk mendukung mereka untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan teknis yang diperlukan untuk menjadi profesional di bidang data.

Ketujuh, Product Design Academy yang merupakan program gratis dan eksklusif selama 9 bulan dengan kurikulum komprehensif bagi siapa pun yang memiliki ketertarikan dalam pengembangan dan perancangan produk. Peserta diberikan kesempatan untuk mendalami tiga peran selama program yaitu UI Designer, UX Designer, dan UX Researcher. P

Kedelapan, Product Academy yang merupakan program pelatihan intensif selama 5 hari bagi mahasiswa akhir dan berspesialisasi dalam TI, Desain, dan Bisnis. Tokopedia memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempelajari peran Product Manager di perusahaan teknologi melalui pelatihan dan studi kasus.



Simak Video "BLACKPINK Dikonfirmasi Tampil di Tokopedia"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)