Belanja Online 11.11 Bakal Jadi Cara Hibur Diri Lewati Pandemi

Belanja Online 11.11 Bakal Jadi Cara Hibur Diri Lewati Pandemi

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 10 Nov 2020 18:12 WIB
Ilustrasi belanja online
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Salah satu studi terbaru dari Facebook IQ tentang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), memaparkan lima temuan menarik. Salah satunya, bakal banyak yang menjadikan belanja online sebagai sarana menghibur diri di kala pandemi.

Fakta-fakta ini dibeberkan Facebook saat menggelar Facebook Summit Indonesia. Informasi ini diharapkan menjadi pertimbangan brand yang akan menggelar berbagai kampanye program belanja akhir tahun.

Berikut ini sejumlah fakta yang dikumpulkan studi Facebook IQ terkait dengan pesta belanja online.

  • Gen X dan Boomers mendominasi pertumbuhan seluler dan e-commerce global

Sebanyak 43% Gen X dan Boomers yang disurvei di Indonesia mengaku bahwa mereka meningkatkan total pengeluaran belanja online mereka karena COVID 19.

Sebanyak 70% dari mereka mengatakan akan lebih mau membeli dari sebuah bisnis jika mereka bisa mengirimkan pesan ke bisnis online tersebut.

Secara umum, groceries atau barang kebutuhan pokok sehari-hari menjadi kategori yang mengalami kenaikan signifikan. Sebanyak 56% orang yang disurvei di Indonesia menyatakan mereka melakukan lebih banyak pembelian online di kategori ini.

  • Penurunan ekonomi akan mempercepat 'obral besar'

Penurunan ekonomi yang dipicu oleh situasi pandemi COVID-19 pastinya berdampak pada mayoritas masyarakat di Indonesia. Sensitivitas terhadap harga akan meningkat pada musim akhir tahun ini.

Bahkan sebelum pandemi COVID-19 melanda pun, harga sudah menjadi kekhawatiran terbesar akhir tahun ini. Berdasarkan hasil survei, pesta belanja online 11.11 dan Harbolnas 12.12 akan menjadi acara obral besar yang paling populer di Indonesia.

  • Membeli hadiah untuk diri sendiri

Banyak orang di Indonesia menunda berbelanja karena situasi pandemi COVID-19 yang tidak pasti. Ketika wabah ini mulai mereda, studi Facebook menunjukkan bahwa hampir 86% konsumen di Indonesia ingin menghadiahi diri mereka sendiri di musim belanja akhir tahun 2020. Hal ini mereka lakukan untuk menghibur diri sendiri dalam menghadapi masa pandemi.

Halaman selanjutnya: sikap konsumen...



Simak Video "Kehebohan Netizen Hadapi Harbolnas 12.12"
[Gambas:Video 20detik]