5 Alasan Orang Indonesia Akses Internet

5 Alasan Orang Indonesia Akses Internet

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 10 Nov 2020 09:00 WIB
Ilustrasi koneksi internet
5 Alasan Orang Akses Internet. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Efek pandemi COVID-19 membuat mayoritas netizen mengakses internet lebih dari 8 jam sehari. Selain itu terjadi pergeseran perilaku pengguna selama pandemi, antara lain dilihat dari konten yang diakses pengguna.

"Tahun ini mayoritas konten media online yang diakses pengguna adalah konten pendidikan dan laman sekolah, karena kegiatan pembelajaran jarak jauh selama pandemi," kata Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jamalul Izza dalam konferensi pers virtual hasil survei APJII, Senin (9/11).

APJIIFoto: Istimewa

Adapun konten hiburan yang banyak diakses, disebutkan Jamal berdasarkan hasil survei APJII adalah video online (49,3%), game online (16,5%), dan musik online (15,3%).

APJIIFoto: Istimewa

Pada dasarnya, ada sejumlah alasan utama netizen mengakses internet, yakni sebagai berikut:

  • Media sosial

Platform media sosial favorit pengguna adalah Facebook, Instagram, dan Twitter. "Sebanyak 61% responden sering mengakses YouTube untuk menonton konten film, musik, dan olahraga," kata Jamal.

  • Komunikasi pesan instant

Aplikasi percakapan WhatsApp banyak digunakan melebihi Line dan Facebook Messeger, termasuk untuk video call.

  • Game online

Game online merupakan salah satu konten hiburan yang banyak diakses, terutama selama masa pandemi dengan persentase sebesar 16,5%.

  • Belanja online

Produk fashion dan kecantikan, produk rumah tangga, dan produk elektronika adalah tiga produk yang banyak dibeli pengguna saat belanja online. Sedangkan marketplace favorit pengguna berdasarkan survei ini secara berurutan adalah Shopee, Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak.

  • Aplikasi finansial

Aplikasi fintech, mobile banking, dan internet banking adalah tiga layanan keuangan utama yang diakses pengguna internet Indonesia. Sebanyak 68,7% merasa aman bertransaksi internet.

APJIIFoto: Istimewa

APJII juga membeberkan jumlah pengguna internet di Indonesia hingga kuartal II tahun ini adalah 196,7 juta orang. Angka ini naik dibandingkan tahun lalu, menjadikan persentasenya sebesar 73,7% dari populasi penduduk Indonesia.

Kenaikan jumlah penggguna terjadi karena beberapa faktor, antara lain semakin meratanya infrastruktur internet cepat dengan adanya Palapa Ring, dan transformasi digital yang semakin masif karena kegiatan pembelajaran online dan kebijakan bekerja dari rumah (work form home) akibat pandemi COVID-19 sejak Maret.



Simak Video "Ngobrol Santai Kualitas Internet Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)