Donald Trump Muncul di Hasil Pencarian "Loser"

Donald Trump Muncul di Hasil Pencarian "Loser"

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 08 Nov 2020 15:47 WIB
Donald Trump
Foto: Instagram @realdonaldtrump
Jakarta -

Tak lama setelah pengumuman Joe Biden sebagai Presiden AS terpilih pada Pilpres AS 2020, netizen Twitter menemukan hal aneh. Saat mereka menelusuri Twitter dengan kata kunci "loser", akun Donald Trump muncul di hasil pencarian pertama.

TwitterFoto: Istimewa

Bagi sebagian netizen lainnya, penelusuran kata "winner" menampilkan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai dua hasil pencarian di urutan pertama, sementara Trump muncul di urutan ketiga.

Terlepas dari spekulasi bahwa hal ini disebut-sebut ada campur tangan Twitter, disebutkan jejaring sosial berlogo burung biru tersebut bahwa hasil pencarian tersebut sebenarnya dikarenakan cara kerja alat pencarian layanan mereka.

TwitterFoto: Istimewa

Seorang juru bicara Twitter mengatakan bahwa aktivitas platform dapat membuat kata-kata tertentu menjadi terkait satu sama lain, yang mengarah ke hasil pencarian semacam itu.

"Jika sebuah akun sering disebutkan di samping istilah tertentu, mereka dapat muncul secara algoritma bersama sebagai sebuah asosiasi. Asosiasi ini bersifat sementara dan selalu berubah berdasarkan cara orang menge-Tweet," kata juru bicara Twitter seperti dikutip dari Buzzfeed.

Fenomena ini mirip dengan apa yang terjadi di Google saat orang menelusuri kata "winner". Pada mode incognito yang tidak memperhitungkan riwayat penelusuran pengguna sebelumnya, hasil pencarian pertama akan terisi otomatis dengan "winner of election 2020".

Pada Sabtu pagi waktu AS, perusahaan teknologi sibuk bergegas memperbarui platform mereka dengan informasi terkini tentang hasil Pilpres AS 2020.

Facebook memperbarui Pusat Informasi Pemungutan Suara dan menempatkan pemberitahuan di bagian atas feed Instagram dengan informasi tentang proyeksi kemenangan Biden.

Sementara Twitter, menggiring pengguna ke tab Explore yang berisi kumpulan berita dan topik yang sedang tren. Sedangkan asisten suara Siri Apple dan Alexa Amazon menginformasikan proyeksi kemenangan Biden ketika pengguna menanyakan pemenang Pilpres AS 2020.



Simak Video "Tegang Jelang Pelantikan Biden: Pemakzulan Trump-Demo Bersenjata"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)