Gara-gara TikTok, Dipha Barus Jadi Ubah Cara Bermusik

Gara-gara TikTok, Dipha Barus Jadi Ubah Cara Bermusik

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 04 Nov 2020 15:47 WIB
Dipha Barus
Gara-gara TikTok, Dipha Barus Jadi Ubah Cara Bermusik (Foto: Dipha Barus/Istimewa)
Jakarta -

Sejak beberapa lagu ciptaannya viral di TikTok, DJ dan produser musik Dipha Barus memiliki pendekatan baru saat menciptakan lagu yaitu dengan membuat musik yang 'TikTokable'.

Menurut Dipha, pandemi COVID-19 membuatnya tidak bisa manggung dan bertemu dengan penggemarnya secara langsung. Tapi berkat pandemi ini ia menemukan cara baru untuk membuat musiknya cepat diterima oleh penggemarnya.

"Jadi kayak, perubahan sih nggak. Tapi produser-produser kayak teman-teman aku produser dari mancanegara itu sekarang lebih kayak 15 detik sama 60 detik ini sudah TikTokable belum?" kata Dipha dalam diskusi virtual, Rabu (4/11/2020).

"Di Amerika sudah kayak begitu. Dan bagi gue produser lebih ditantang lebih kreatif untuk buat 15 detik dan 60 detik yang catchy gitu," sambungnya.

Dipha belakangan memang menjadikan TikTok sebagai medium untuk promosi musiknya. Baru-baru ini ia mengenalkan 'Down Challenge' untuk mempromosikan single barunya sekaligus mengajak pengguna TikTok agar tetap sehat di tengah pandemi.

Strategi ini sepertinya cukup manjur. Dipha mengatakan beberapa lagunya yang memiliki engagement tinggi di TikTok juga mengalami peningkatan engagement serupa di platform digital dan media sosial lainnya.

Bagi Dipha, TikTok bukan hanya tempat untuk promosi lagu tapi juga untuk mencari mitra kolaborasi. Ia mengatakan tidak khawatir jika harus bersaing dengan kreator atau musisi lain di TikTok, karena itu menjadi tantangan baginya untuk tetap kreatif dan mencari bakat baru untuk diajak berkolaborasi.

Bagi musisi dan produser yang sudah membagikan musiknya di TikTok dan ingin dilirik kreator agar viral, Dipha membagikan satu tips penting saat menciptakan lagu.

"Kalau tips gue untuk produser dan musisi lainnya adalah kasih space musik dan aransemen kalian untuk audiens berkreasi," kata Dipha

"Kita nggak usah terlalu mikirin gimana caranya viral tapi kayak gimana caranya musik lo bisa memberi kebahagiaan dan bisa ngasih ruang ke mereka untuk berkreasi," pungkasnya.



Simak Video "TikTok Cash Diblokir Kominfo!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)