Ingin Lagu Kalian Viral di TikTok? Intip Tips dan Triknya

Ingin Lagu Kalian Viral di TikTok? Intip Tips dan Triknya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 04 Nov 2020 13:15 WIB
Presiden AS Donald Trump resmi keluarkan perintah eksekutif melarang TikTok dan WeChat beroperasi di AS. Aturan itu berlaku dalam 45 hari ke depan.
Ingin Lagu Kalian Viral di TikTok? Intip Tips dan Triknya Foto: AP Photo
Jakarta -

Setiap ada konten yang viral di TikTok, pasti musik yang menjadi backsound-nya juga ikut viral. Sebut saja lagu Lathi milik Weird Genius yang sampai viral hingga mancanegara.

Bagi musisi yang ingin lagunya viral di TikTok, caranya sebenarnya susah-susah gampang. Head of User and Content Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra pun membagikan tips dan triknya.

"Step pertamanya on board dulu lagunya di TikTok, kan masuk library, orang bisa akses easily," kata Angga dalam diskusi virtual, Rabu (4/11/2020)

"Beberapa potongan 15 detik, 30 detik. Akhirnya orang pakai nge-bind, habis itu let TikTok do the rest of the magic," sambungnya.

Angga mengatakan sebagai platform distribusi konten, TikTok bisa menjadi arena yang luas bagi musisi untuk mempromosikan kontennya. Apalagi riset menemukan lebih dari 50% generasi Z menemukan lagu baru dari platform digital, termasuk TikTok.

Dengan basis pengguna yang besar, kreator juga selalu mencari lagu baru untuk dijadikan backsound di konten mereka. Angga mengatakan untuk musisi yang juga punya akun TikTok, coba gabungkan lagu dengan konsep konten yang menarik agar dilihat lebih banyak audiens.

"Contohnya ada Rizky Febian, kemarin dia bikin juga Cuek Challenge kalau nggak salah. Intention-nya ke mana tapi akhirnya macam-macam banget dari mulai duet, tutorial, dance bahkan meme. Jadi ketika kita bisa mengkombinasikan sebuah konten dan lagu dengan tepat itu bisa menjadi tren," jelas Angga.

Selain menjadi tempat untuk mempromosikan lagu ciptaan musisi, TikTok juga bisa menjadi tempat bagi kreator dengan bakat bermusik untuk ditemukan oleh label musik. Angga mencontohkan Kelly Courtney, kreator asal Surabaya yang akhirnya digaet label untuk membuat lagu-lagu cover.

"Praktek seperti ini kita nggak jalani cuma di Indonesia tapi memang globally melakukan itu secara mutual. Kita kolaborasi sama music label untuk mendorong kreativitas si talent ini. Jadi dua arah," pungkasnya.



Simak Video "Ngobrol Bareng Sezairi, Penyanyi Lagu 'It's You' yang Viral di TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)