Mark Zuckerberg Bujuk Pemerintah Selidiki Apple

Mark Zuckerberg Bujuk Pemerintah Selidiki Apple

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 18 Okt 2020 14:00 WIB
Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg. Foto: Getty Images/Johannes Simon
Jakarta -

Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, kabarnya ingin agar pemerintah Amerika Serikat lebih giat dalam menyelidiki praktik bisnis yang dilakukan perusahaan Apple. Kenapa demikian?

Seperti dikutip detikINET dari 9to5Mac, Zuckerberg kabarnya sering berdiskusi dengan penasihat senior White House, Jared Kushner serta juga pernah dengan presiden Amerika Serikat Donald Trump, soal makin bergaungnya permintaan untuk menyelidiki dugaan anti monopoli perusahaan teknologi raksasa.

Facebook sendiri sering jadi sasaran karena dituding abai soal privasi ataupun misinformasi yang banyak beredar di jejaring sosialnya. Belum lagi ia juga merasa ancaman dari TikTok semakin besar yang menyaingi popularitas Facebook maupun Instagram.

"Zuckerberg berkata pada pejabat pemerintah bahwa Apple tidak menerima pengawasan sebanyak Facebook meskipun mereka memiliki sistem operasi yang digunakan oleh persentase besar orang Amerika," sebut sumber media Wall Street Journal.

Mark Zuckerberg tampaknya memang tidak terlampau akur dengan Apple. Bahkan belum lama ini, ia mengutarakan terang-terangan bahwa toko aplikasi App Store milik Apple perlu diinvestigasi.

Zuck menilai App Store memang perlu diselidiki karena kontrol ketatnya pada aplikasi yang ada di iPhone. Terlebih iPhone sangat populer di Amerika Serikat dan juga berbagai belahan dunia.

"Well, saya jelas berpikir bahwa mereka memiliki kontrol sepihak tentang apa yang ada di ponsel dalam soal aplikasi," kata pendiri dan CEO Facebook itu dalam wawancara baru-baru ini.

"Saya pikir mungkin sekitar 50% orang Amerika yang punya smartphone dan lebih banyak lagi di seluruh dunia (memakai iPhone). Saya kira ada lebih dari semiliar perangkat Apple," ujar dia.

Untuk itu, Mark Zuckerberg menilai perlu diamati kontrol Apple terhadap App Store, apakah toko aplikasi ini pro terhadap kompetisi.



Simak Video "Mark Zuckerberg Selancar Pakai Sunscreen Tebal, Netizen: Mirip Joker!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)
Debat Capres AS