Twitter Dilaporkan Tumbang Pagi Ini

Twitter Dilaporkan Tumbang Pagi Ini

Tim detikINET - detikInet
Jumat, 16 Okt 2020 07:17 WIB
ilustrasi twitter
Foto: 9to5mac
Jakarta -

Layanan Twitter dilaporkan tumbang di banyak negara di seluruh dunia pada Kamis pagi (16/10/2020). Masalah ini menyebabkan jutaan pengguna tidak dapat memposting kicauan.

Setiap kali akan memposting selalu saja muncul keterangan 'Overcapacity' atau kerap pula menampilkan 'Oops, something went wrong'.

detikINET coba memantau situs downdetector dan benar saja Twitter mengalami kendala. Terpantau 59 ribu lebih laporan yang masuk.

Berdasarkan peta sebarannya, cukup banyak negara yang berdampak. Paling terparah Amerika Serikat, Inggris, sebagian negara di Eropa, Jepang, Filipina dengan ditandai dengan warna merah pada peta.

TwitterSebaran negara yang berdampak Twitter down. Foto: Down Detector

Terkait masalah ini, pihak Twitter pun sudah buka suara. Mereka menegaskan masalah yang terjadi tidak terkait masalah keamanan.

"Twitter tumbang di banyak pengguna dan kami sedang berupaya untuk mengembalikannya agar dapat digunakan kembali oleh semua orang. Kami mengalami masalah dengan sistem internal kami dan tidak memiliki bukti pelanggaran keamanan atau hack," ujar Twitter di akun resminya.


Untuk diketahui ini bukan kali pertama layanan Twitter tumbang. Tercatat pada Juli 2019, media sosial garapan Jack Dorsey ini sempat tidak dapat diakses oleh seluruh pengguna selama satu jam, baik di perangkat seluler maupun desktop.

Terkait masalah keamanan, pada pertengahan tahun ini Twitter mengalami serangan terkoordinasi besar-besaran pada akun profil ternama dari kalangan selebriti, politisi, raksasa teknologi, dan perusahaan Silicon Valley. Peretasan yang terjadi 15 Juli itu menargetkan sekitar 130 akun.



Simak Video "Tumbang di Banyak Negara, Twitter Beri Penjelasan"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)