Bill Gates Kritik Trump yang Klaim Disembuhkan Obat Corona

Bill Gates Kritik Trump yang Klaim Disembuhkan Obat Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 12 Okt 2020 16:34 WIB
Sepekan terakhir ini dunia informasi media ramai diwarnai oleh berita demo penolakan Omnibus Law yang disahkan DPR hingga Donald Trump kembali ke gedung putih.
Donald Trump. Foto: AP Photo
Jakarta -

Bill Gates kembali bersuara soal virus Corona. Kali ini dia mengkritik pernyataan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bahwa ia sembuh dari Corona berkat obat yang salah satunya bernama Regeneron. Menurut sang pendiri Microsoft, obat itu bukanlah penyembuh.

Namun demikian, Gates mengakui Regeneron memang ampuh. "Kata penyembuh tidaklah tepat karena tidak bekerja bagi setiap orang. Tapi ya, dari semua terapi (Corona), ini yang paling menjanjikan," kata Gates yang dikutip detikINET dari Fox News, Senin (12/10/2020).

Setelah terkena Corona, Trump mendapatkan perawatan terbaik, termasuk diberi Renegeron. "Mereka menyebutnya terapi, tapi bagiku itu bukan terapi. Aku menyebutnya penyembuh. Itu adalah sebuah penyembuh," kata Trump beberapa waktu lalu.

Antibodi eksperimental REGN-COV2 atau Renegeron diberikan sesaat sebelum Trump ke rumah sakit. Obat ini dikembangkan perusahaan bioteknologi Regeneron Pharmaceuticals. Meski belum terbukti efektif dan aman, obat antibodi ini dipercaya dapat melawan virus Corona COVID-19.

"Setelah konfirmasi PCR dari diagnosis presiden, sebagai tindakan pencegahan, dia menerima satu dosis 8 gram antibodi poliklonal Regeneron," papar dokter Gedung Putih Sean Conley dalam sebuah pernyataan.

Walau mengutarakan kritik, Bill Gates melihat manfaat Renegeron. "Antibodi monoclonal ini hanya (diberikan) jika seseorang positif, menunjukkan gejala dan cukup tua sehingga berada dalam risiko. Itulah target dari terapi ini," kata Gates.

Ia melanjutkan bahwa seandainya perawatan tersebut dapat disetujui untuk penggunaan dalam keadaan darurat, kemungkinan akan ada cukup banyak nyawa terselamatkan.

"Presiden mendapatkan 8 gram dan kami melakukan trial lebih rendah, sekitar 0,7 gram dan 0,3 gram. Dalam titik ini memang belum terbukti (manjur), namun penting bagi kita untuk mengeksplorasinya," tambah Gates.

Mengenai vaksin Corona, Bill Gates kembali mengutarakan kemungkinan sudah dapat tersedia pada awal tahun depan. Nantinya hampir seluruh vaksin menurut Gates akan diberikan dalam dua dosis agar lebih manjur.



Simak Video "Ayah Bill Gates Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)