Ini Alasan Kamera Google Pixel Tak Punya Filter Percantik Selfie

Ini Alasan Kamera Google Pixel Tak Punya Filter Percantik Selfie

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 05 Okt 2020 21:18 WIB
Selfie duck face
Alasan Kenapa Kamera Google Pixel Tak Punya Filter Percantik Selfie (Foto: GettyImages)
Jakarta -

Smartphone menjadi andalan untuk mempercantik foto selfie. Wajar saja, karena semua orang ingin terlihat bagus saat foto tersebut diposting di media sosial. Tapi karena hal ini pula Google tak mau membenamkan fitur beautify di kamera ponsel Pixel.

Google punya pandangan bahwa mempercantik foto diri akan berdampak negatif pada kesehatan mental, terutama jika pengguna melihat foto mereka dan tidak sadar bahwa pada foto tersebut telah diterapkan filter beautify.

Sebagai gantinya, seperti dikutip dari News18, Senin (5/10/2020) Pixel 4a, Pixel 4a 5G dan Pixel 5 menawarkan fitur yang disebut Google 'Retouching Tools' yang dimatikan secara default. Tetapi ketika dinyalakan, retouching tools ini akan menyesuaikan dengan foto kita seperti tekstur kulit, warna di bawah mata, dan kecerahan mata.

"Keputusan ini beranjak dari keinginan kami untuk lebih memahami efek selfie yang di-filter terhadap kesehatan mental pengguna, terutama saat filter diaktifkan secara default," kata Product Manager Google Vinit Modi.

"Kami melakukan banyak penelitian dan berbicara dengan ahli kesehatan anak dan mental dari seluruh dunia, dan menemukan bahwa saat kita tidak menyadari bahwa kamera atau aplikasi foto telah menerapkan filter, foto tersebut dapat berdampak negatif pada kesehatan mental. Filter default ini dapat secara diam-diam menetapkan standar kecantikan yang dibandingkan dengan beberapa orang," sambungnya.

Dalam dokumentasi terpisah yang merinci hubungan antara kesehatan mental dan filter selfie, Google percaya bahwa istilah 'penyempurnaan', 'kecantikan', dan 'sentuhan', seperti yang tersirat dalam bahasa 'retouch wajah' memiliki arti meningkatkan atau mengoreksi penampilan fisik seseorang, dan secara tidak langsung mensugestikan bahwa penampilan mereka yang sebenarnya buruk.

Google sendiri memang menggunakan penyebutan 'Face Retouching' di ponsel Pixel. Disebutkan Google, tools tersebut mereka perbarui lebih lanjut untuk membuat selfie apa adanya sealami mungkin demi kesehatan mental penggunanya.



Simak Video "Tampilan Baru Logo Ikon Gmail hingga Chrome"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)