3 Tips Belajar Berkebun Lewat Internet

Berkebun Digital

3 Tips Belajar Berkebun Lewat Internet

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 04 Okt 2020 06:38 WIB
Photo of young woman taking care of her plants on a rooftop garden
3 Tips Belajar Berkebun Lewat Internet (Foto: iStock)
Jakarta -

Berkebun jadi salah satu pilihan kegiatan di saat pandemi karena bermanfaat dan berefek positif pada kesehatan fisik dan mental. Dengan segala keterbatasan, para pemula belajar berkebun secara online.

Buat kalian yang lagi semangat-semangatnya belajar berkebun selama di rumah saja, semua referensi online tentang berkebun online pasti dilahap habis. Agar belajar berkebunnya makin seru, detikINET, Minggu (4/10/2020) menghimpun sejumlah kiat bermanfaat.

Inilah 3 tips belajar berkebun lewat internet:

1. Rajin cari referensi

Perbanyak referensi dari internet agar kegiatan berkebun di dalam rumah lebih maksimal. Sumbernya bisa dari artikel yang bertebaran di internet, media sosial (medsos), atau berbagai channel YouTube tentang berkebun.

Rajin cari referensi sangat penting buat pemula untuk menjawab berbagai pertanyaan yang bikin bingung seperti komposisi pupuknya berapa banyak, agar tanamannya sehat harus diberi apa, jenis tanaman apa yang harus lebih banyak terkena sinar, dan lain-lain.

Beberapa channel YouTube yang berikut ini bisa jadi rekomendasi kalian sebagai referensi belajar berkebun:

  • The gardening channel with James Prigioni
  • Taman Inspirasi
  • Hidup alami ala Momi Ike
  • MGB garden
  • Kebun organik

2. Ikut komunitas berkebun

Bergabung dengan komunitas penggiat urban farming tak cuma menambah teman, kalian juga bisa sekaligus menyerap pengetahuan dari mereka. Berikut beberapa komunitas berkebun yang bisa kalian follow dulu Instagramnya:

  • Jakarta Berkebun (jktberkebun)
  • Kebun Kumara (@kebunkumara)
  • Kebun Ide (@kebunide)
  • Sendalu Permaculture (@sendalu.permaculture)
  • YPBB Bandung (@ypbbbandung)

3. Beli kebutuhan berkebun via online

Dengan adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), tentunya segala kegiatan di luar ruangan, termasuk berbelanja kebutuhan berkebun pun dibatasi.

Karenanya, kalian bisa memanfaatkan toko online, media sosial seperti Instagram untuk membeli segala hal yang diperlukan untuk berkebun selama PSBB.

Mulai dari media tanam, bibit tanaman, tunas tanaman yang segar, sekop, hingga pupuk, bisa kalian beli secara online. Perlu diingat, sebelum berbelanja, pastikan toko online yang kalian pilih punya review konsumen yang bagus.

Tips tambahan, lakukan berkebun dengan sabar. Kegiatan menanam, merawat, menyirami dan memberi pupuk adalah proses yang harus dilakukan dengan telaten supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Melalui proses ini, mental kalian secara tidak langsung dilatih untuk mengimplementasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari, yaitu lebih sabar menghadapi segala hal. Selamat belajar berkebun!



Simak Video "Penetrasi Internet Naik di 2020, Ada Hubungannya dengan Covid-19?"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)