7 Aplikasi Terbaik untuk Berkebun

Berkebun Digital

7 Aplikasi Terbaik untuk Berkebun

Tim - detikInet
Sabtu, 03 Okt 2020 06:08 WIB
ilustrasi smartphone
Ilustrasi. Foto: Unspslah
Jakarta -

Berkebun menjadi salah satu kegiatan saat orang banyak berada di rumah saja di tengah pandemi Corona. Nah, aktivitas itu bisa pula dibantu dengan aplikasi agar semakin mengasyikkan.

Inilah saatnya berkebun digital, berkebun asyik dibantu teknologi. detikINET, Sabtu (3/10/2020) menghimpun aplikasi berkebun terbaik yang bisa diunduh di toko aplikasi.

Inilah 7 aplikasi terbaik untuk berkebun:

1. PlantNet Plant Identification

Jika Anda mencari aplikasi gratis yang dapat mengidentifikasi tanaman cukup dengan memotretnya, maka salah satu yang terbaik adalah PlantNet Plant Identification ini. Tersedia di Play Store maupun App Store, aplikasi ini dapat mengidentifikasi tanaman cukup dengan memotretnya.

Ya, cukup ambil foto tanaman atau upload dari yang sudah ada di galeri, pengguna bisa dengan cepat menemukan nama dari tanaman. Identifikasi bisa dilakukan baik dari daun, bunga, buah dan lainnya. Database-nya sudah mengandung lebih dari 20 ribu spesies tanaman.

2. Moon & Garden

Aplikasi menarik ini mengandalkan fase-fase bulan dalam rangka memberi saran pada penggunanya merawat tanaman di kebun pada hari selanjutnya. Disebutkan bawa tanaman secara alami bergantung pada fase bulan, maka aktivitas berkebun pun harus menyesuaikannya.

Sesuai dengan kondisi bulan, akan disarankan waktu yang tepat untuk menabur benih, menanam ataupun memanen tanaman. Disertakan pula perkiraan cuaca, informasi zodiac, fitur berbagi foto dengan pengguna sampai notes untuk mencatat. Ada di Android dan iOS, aplikasi ini gratis.

Moon and GardenAplikasi Moon and Garden. Foto: Digital Trends

3. Garden Tags

Garden Tags adalah aplikasi populer bagi yang hobi berkebun. Di sini, pengguna akan menjumpai komunitas besar yang punya kegemaran sama. Mereka saling berbagi nasehat atau saran, pertolongan dan juga beragam tips berguna. Diklaim saat ini komunitasnya sudah lebih dari 100 ribu.

User bisa mengikuti tukang kebun favorit mereka. Asyiknya, pengguna dapat pula merekam semua tanaman di kebunnya di aplikasi ini dan akan ditampilkan beragam informasi bermanfaat mengenai tanaman-tanaman tersebut. Garden Tags tersedia di App Store dan Play Store.

4. Plantifier

Plantifier juga adalah aplikasi untuk mengidentifikasi tanaman yang cukup mengasyikkan. Bedanya dengan aplikasi sejenis, Plantifier tidak mengandalkan pakar atau database dalam mengenali tanaman, melainkan jawaban dari user lain.

Jadi, user bisa upload tanaman yang tidak ia kenali, lalu membagikannya di aplikasi ini. User lainnya akan mencoba mengidentifikasinya. Diklaim sudah lebih dari 200 ribu user membagikan foto untuk diidentifikasi pihak lain. Aplikasi ini gratis di iOS maupun Android.