Xiaomi Jualan Pakai Mobil Van, Incar Pedesaan

Xiaomi Jualan Pakai Mobil Van, Incar Pedesaan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 22 Sep 2020 19:49 WIB
Van Xiaomi
Van Xiaomi. Foto: Xiaomi
New Delhi -

Cara baru berjualan ponsel ditempuh oleh Xiaomi. Mereka memanfaatkan mobil van untuk memajang deretan ponsel jualannya sehingga bisa menjangkau sampai ke wilayah-wilayah pedesaan. Strategi ini rencananya pertama kali akan diterapkan di India.

Mi Store on Wheels, demikian namanya, akan menuju ke desa-desa di India. Mobil van misalnya akan berhenti di pasar agar orang-orang bisa langsung mencoba produk Xiaomi dan tentu diharapkan membelinya.

Selain ponsel, seperti dikutip detikINET dari Bloomberg, Selasa (22/9/2020) banyak produk Xiaomi lain yang bakal dijual di mobil tersebut. Ada televisi pintar atau Smart TV, kamera CCTV, earphone, kacamata sampai powerbank.

Kreatifitas penjualan ini merupakan salah satu cara Xiaomi mengantarkan produk langsung ke tempat konsumen. Sebab, pandemi Corona dan kebijakan lockdown membuat kunjungan ke toko fisik menurun drastis.

"Dengan inisiatif baru ini, kami ingin mencapai area-area terpencil di negara ini dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan membawa pengalaman Mi Store langsung ke wilayah mereka," kata Muralikrishnan B, Chief Operating Officer Mi India.

Xiaomi saat ini masih memimpin di pasar smartphone India. Sentimen anti China menyusul konflik perbatasan sejauh ini belum berpengaruh terhadap bisnis mereka.

Managing Director Xiaomi India, Manu Kumar Jain, belum lama ini menyatakan Xiaomi sudah sejak lama membangun perusahaan sesuai kultur budaya lokal.

"Tim produk kami, tim riset dan pengembangan ada di sini di India. Seperti yang kami sebutkan, seluruh ponsel kami, mayoritas televisi kami dibuat di India, jumlah besar komponen bersumber dari lokal, seluruh tim kepemimpinan ada di India," cetus sang petinggi Xiaomi.



Simak Video "Xiaomi Produksi HP Pakai Robot, Gimana Nasib Karyawan?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)