Xiaomi dan Realme Siap-siap Rilis Ponsel dengan Chip 5nm

Xiaomi dan Realme Siap-siap Rilis Ponsel dengan Chip 5nm

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 17 Sep 2020 17:37 WIB
Apple A14 Bionic
Foto: Screenshot
Jakarta -

Tak lama setelah Apple merilis iPad Air dengan system on a chip (SoC) 5nm, Realme dan Xiaomi juga tengah bersiap merilis produk dengan chip 5nm.

Dalam postingannya di Weibo, General Manager Redmi Lu Weibing, mengomentari sebuah postingan yang membahas soal chip 5nm di iPad Air. Dalam balasannya itu, Weibing menanyakan apakah mereka sudah siap untuk produk baru dengan prosesor 5nm.

"Apakah Anda sudah menunggu-nunggu produk baru berbasis prosesor dengan proses 5nm?" tulis Weibing.

Komentar ini mengindikasikan kalau Xiaomi memang tengah mengerjakan sebuah produk dengan SoC 5nm sebagai otaknya. Namun memang sampai saat ini belum diketahui produk apa yang pertama kali menggunakan chip tersebut.

Sementara itu, ada juga VP Realme Xu Qi, yang memposting sebuah gambar di Weibo, yang memamerkan bocoran ponsel baru mereka dengan SoC 5nm, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Kamis (17/8/2020).

"Seri ini akan dilengkapi dengan core flagship 5nm," tulisnya.

Baik Xiaomi maupun Realme memang tak mengungkap detail apa pun soal produk mereka yang akan datang. Namun kemungkinan memang produk tersebut bakal menggunakan Snapdragon 875 dari Qualcomm yang sudah mulai diproduksi oleh Samsung menggunakan proses EUV 5nm. Selain Qualcomm, MediaTek pun kabarnya tengah menggarap chip dengan proses 5nm.

Sejauh ini perangkat dengan chip 5nm yang ada di pasaran memang baru iPad Air, yang memakai A14 Bionic. Sementara chip lainnya masih menggunakan proses 7nm, baik itu Android maupun iOS.



Simak Video "Realme 7 dan 7i Sematkan Fitur Paling Ditunggu-tunggu Fansnya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)